View Single Post
Old 4th September 2015, 08:08 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jokowi Isyaratkan China Menang Tender Kereta Cepat

Quote:
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menerima rekomendasi soal kereta cepat dengan rute Jakarta-Bandung dari para menteri. Lantas apa keputusan Jokowi?
Jokowi menegaskan, proyek kereta cepat sangat diperlukan di Indonesia, namun pengerjaannya tidak boleh menggunakan keuangan negara alias APBN dan tidak boleh ada jaminan dari pemerintah. Dengan kata lain, proyek kereta cepat ini murni dilakukan oleh swasta.

"Kita tidak ingin beri beban pada APBN. Jadi sudah saya putuskan bahwa kereta cepat itu tidak gunakan APBN. Tidak ada jaminan dari pemerintah," tegas Jokowi saat blusukan membagikan Sembako, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Jokowi menambahkan, pengerjaan proyek ini nantinya diserahkan kepada BUMN dan dijalankan secara business to business (B to B). "Oleh sebab itu, saya serahkan kepada BUMN untuk melakukan yang namanya B to B. Hanya, pesan yang saya sampaikan bahwa kereta itu, dihitung lagi, karena itu nantinya yang menyampaikan Menko atau menteri BUMN. Itu teknis detilnya," paparnya.

Saat ditanya apakah akan memilih Jepang dan China dalam membangun kereta cepat, Jokowi melimpahkan hal tersebut kepada Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri BUMN Rini Soemarno. "Silahkan bertanya ke menko atau ke menteri BUMN. Karena pesan saya itu," katanya.

"Sudah seharusnya tadi sudah disampaikan. Kan sudah disampaikan, garis saya itu. Tidak bebani APBN, tidak gunakan APBN, dan saya minta agar B to B dengan local content yang banyak, dengan pertimbangan teknis akan disampaikan menteri terkait," ungkap Jokowi.

Sekadar informasi, Menteri BUMN Rini Sumarmo mengatakan, BUMN hanya akan bekerja sama jika pemenangnya adalah China. Nantinya, konsorsium BUMN dipimpin oleh PT Wijaya Karya (WIKA), sedangkan dari China dipimpin oleh China Railway. Anggota konsorsium BUMN untuk kereta cepat Jakarta-Bandung antara lain Jasa Marga, PTPN VIII, INKA, dan LEN Industri.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links