View Single Post
Old 4th September 2015, 08:14 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pelemahan Rupiah Sudah Hambat Penyaluran Kredit

Quote:
JAKARTA - Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berimbas kepada sektor riil. Akibatnya, permintaan kredit terus mengalami penurunan.
"Permintaan kredit sudah turun. Bahkan kredit sudah disetujui juga belum ketarik, jadi kalau dilihat di undisburst loan juga meningkat," ujar Ketua Umum Perbanas Sigit Pramono, di Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Selain itu, dia mengatakan realisasi belanja pemerintah yang belum sampai 30 persen, pemerintah bisa mengatasi permasalahannya karena hal tersebut sangat penting. Rupiah melemah juga faktornya lebih banyak dari faktor eksternal.

"Ekspor kita melemah, kenapa melemah karena negara-negara yang membeli barang-barang komoditas kita juga melemah, jadi ekonominya turun. Karena permintaan turun, jadi harganya turun," ucapnya.

Dia mencontohkan, CPO yang mengalami penurun harga, ataupun barang-barang ekspor dan barang-barang devisa juga turun. Jika tidak bisa mendorong melalui ekspor, maka mendorong melalui impor.

"Barang produksi nasional yang bisa diproduksi dalam negeri mestinya terus diekspor, supaya kita tidak perlu impor barang. Artinya menghemat devisa, kemudian industri-industri substitusi impor kan dulu zamannya Pak Soeharto ada gerakan mendorong substitusi impor, jadi kalau misal ada itu sekarang bisa kita dorong," ungkapnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links