View Single Post
Old 4th September 2015, 01:22 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Aset Lahan Central Cipta Murdaya di Jakarta 150 Hektar

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak pengembang yang punya koleksi aset lahan seluas Central Cipta Murdaya (CCM) Holding. Imperium bisnis yang kini dijalankan oleh generasi keduanya itu menguasai lahan seluas 150 hektar.

Bukan sembarang koleksi lahan, melainkan berada di lokasi-lokasi strategis dengan potensi pertumbuhan nilai tinggi. Aset lahan ini, kelak akan dijadikan sebagai kawasan komersial terintegrasi bertaraf internasional.

Direktur CCM Holding, Karuna Murdaya, mengungkapkan, aset lahan kelompok usahanya tersebar di Kemayoran, dan Jl Jend Sudirman, Jakarta Pusat, di Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan Puri Indah, Jakarta Barat.

"Lahan tersebut merupakan land bank kami yang sudah lama dimiliki, dan menjadi aset perusahaan," ujar Karuna kepada Kompas.com, usai seremoni penganugerahan Indonesia Property Awards 2015, di InterContinental Hotel, Jakarta, Kamis malam (3/9/2015).

Dari data yang dihimpun Kompas.com, luas masing-masing lahan tersebut adalah Kemayoran 44 hektar, Pondok Indah 40 hektar, Jl Jend Sudirman atau tepatnya Kompleks Perkantoran Metropolitan 8 hektar, dan Puri Indah seluas 58 hektar.


Karuna menjelaskan, kendati aset lahan perusahaannya berada di lokasi strategis, dan premium, namun tidak akan "dihabiskan" dalam waktu dekat. Hal ini mempertimbangkan kondisi ekonomi yang sedang lesu, dan aksi pasar yang masih menunggu (wait and see).

"Kami menyelesaikan proyek-proyek yang sedang berjalan. Saat ini, kami sedang mempersiapkan World Trade Center (WTC) 3 di Jl Jend Sudirman, dan beberapa proyek lainnya di Puri Indah Town Center, dan Pondok Indah Town Center," papar Karuna.

WTC 3 di Sudirman, merupakan gedung komersial perkantoran premium yang menyasar perusahaan multinasional. Nilai investasi yang dibenamkan CCM sebesar 230 juta dollar AS. Saat ini, perusahaan asing yang sudah memberikan konfirmasi sebagai penyewa utama adalah PriceWaterhouseCooper (PWC). PWC mengokupasi bangunan seluas 25.000 meter persegi dan berhak mendapatkan naming right.

CCM menjadwalkan pengoperasian gedung ini pada akhir 2017 mendatang. Sementara gedung perkantoran lainnya yakni WTC 2 diisi oleh PermataBank, Standard Chartered Bank, dan Total E and P. Total luas bangunan yang sudah tersewa sebesar 75 persen.

Karuna juga menjelaskan, CCM saat ini tengah mempercepat pembangunan perkantoran Puri Indah Financial Tower dan apartemen The Windsor di Puri Indah Town Center, dan InterContinental Hotel, serta apartemen Kartika Residences di Pondok Indah Town Center.


http://properti.kompas.com/read/2015...campaign=Kknwp
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links