View Single Post
Old 5th September 2015, 08:20 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kereta Cepat Tak Dibutuhkan Jika Hanya untuk Pindahkan Orang

Quote:
JAKARTA - Sejak awal gembar-gembor proyek tender proyek kereta cepat, pemerintah masih belum memberikan alasan yang konkret, mengapa Indonesia butuh kereta cepat? Padahal masyarakat berhak mengetahui orientasi dari pembangunan kereta cepat tersebut.

Saat ini terdapat dua kandidat kuat, yakni China dan Jepang. Namun, saat ini proposal kedua pelamar unggul, yakni China dan Jepang, ditolak oleh pemerintah. Kelanjutannya akan dilakukan pada 7 September.

Menurut Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit, megaproyek kereta cepat seharusnya bukan hanya menjadi proyek transportasi semata, tapi juga bisa menjadi transformasi struktur ekonomi di Indonesia.

"Kalau kita orientasinya memindahkan orang dari Jakarta-Bandung ya kita tidak butuh. Tapi kalau itu transformasi ekonomi dan strategi pembangunan wilayah itu dibutuhkan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (5/9/2015).

Danang memandang, kereta cepat seharusnya bisa menimbulkan multiplier effect positif untuk perekonomian Indonesia. Terlebih lagi jika jalur kereta cepat bisa diperpanjang hingga ujung pulau Jawa bagian timur.

"Jadi kajiannya bukan hanya satu proyek saja. Kalau komprehensif dan lengkap orientasinya, ya kereta cepat dibutuhkan. Tapi kalau single project yang dituju, ya ditinggalkan saja," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links