View Single Post
Old 5th September 2015, 08:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pemerintah Dinilai Terburu-buru Realisasikan Kereta Cepat

Quote:
JAKARTA - Proyek pembangunan kereta cepat yang digadang-gadangkan pemerintah akhirnya berujung pada penolakan kedua proposal baik China maupun Jepang. Banyak yang beranggapan bahwa pemerintah terkesan memaksakan ingin merealisasikan kereta cepat tersebut.
Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit mengatakan, seharusnya untuk merealisasikan mega proyek infrastruktur seperti kereta cepat dibutuhkan tahapan-tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertama, pertimbangkan dulu apakah saat ini Indonesia memang sudah benar-benar membutuhkan adanya kereta cepat.

"Tahap pertama ini yang paling penting. Menurut saya yang penting terlebih dahulu penyataan resmi dari pemerintah apakah kita benar-benar butuh dan apakah butuhnya saat ini," tuturnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (5/9/2015).

Setelah pemerintah bisa meyakinkan publik bahwa Indonesia butuh kereta cepat, tahap kedua lakukan pertimbangan pembiayaan serta sumber pendanaan yang dibutuhkan. Perkirakan juga model kerjasama yang akan diterapkan dengan calon pemegang tender, apakah business to business atau government to business.

Tahap terakhir baru membuka sayembara untuk tender proyek tersebut. "Menurut saya kita terlalu jauh untuk berpikir langsung metode pembiayaan seperti itu," imbuhnya.

Danang mengatakan, tidak heran jika megaproyek tersebut belum terealisasikan. Justru pemerintahlah yang menjadi ujung pangkal dari tidak terealisasinya megaproyek tersebut.

"Pemerintahnya belum jelas, kereta cepat ini visinya untuk apa. Baru setelah itu diinformasikan. Ini karena pemerintah tidak fair," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links