View Single Post
Old 6th September 2015, 02:27 AM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 11 Jun 2015
Userid: 3942
Age: 25
Posts: 97
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Tips Berburu Kamera DSLR Harga Terjangkau

Dikalangan pencinta fotografi pasti mengenal benar kamera Nikon, bahkan menjadi salah satu kamera favorit. Kamera keluaran produsen besar, seperti NIKON, CANON, dan sejenisnya menjadi incaran utama fotografi. Misalkan saja kita ambil contoh berapakah Harga Kamera Canon EOS 110D di Jagad fotografi sekarang lebih mudah dan praktis dari pada dekade 90-an. Revolusi digital memaksa produsen kamera meninggalkan sistem analog, diganti dengan digital yang lebih canggih dan praktis. Tak lagi dibutuhkan film negative sebagai media merekam objek foto. Semua disimpan dalam satu kartu memori. Kapasitas kartu memori ini jauh lebih besar dari film, kartu ini bisa menyimpan ribuan foto, dan gambar bergerak. Pakai kamera Nikon, Anda tinggal bidik kemudian pencet tombol shutter saja, masalah focus / tinggal setting ke menu auto focus, dan kamera secara otomatis bekerja sendiri mengatur fokusnya. Sayangnya harga dari kamera-kamera tersebut lumayan mahal dan butuh sedia dana banyak untuk membeli satu unik DSLR / Digital Single Lens Riflex. Harga satu unit DSLR antara 3 juta sampai 8 juta, semua tergantung tipe dan tahun produksi. Kamera termasuk produk impor, didatangkan utuh dari Jepang. Ketika produk impor masuk ke Indonesia, oleh Bea Cukai dikenai pajak tinggi, sehingga harga jual jadi mahal.

Kamera Nikon memang lebih ekslusif, dari harga maupun kwalitasnya, walau demikian jangan lekas surut semangat berburu kamera idaman. Banyak jalan menuju roma, banyak cara mencari kamera bagus dengan harga murah. Butuh sedikit kesabaran dan kejelian menelusuri iklan kamera dari berbagai media. Berikut ini cara mencari kamera Nikon di Indonesia dengan harga miring, semoga bisa menolong Anda menemukan kamera favorit.
1. Dealer utama

Tempat yang tepat untuk mencari informasi harga dan membandingkan spesifikasi adalah datang ke dealer resmi Nikon yang ada di kota-kota besar Indonesia. Di sini, Anda bisa mendapatkan semua informasi tentang tipe kamera keluaran Nikon. Harga dealer menjadi patokan utama sebagai bahan pertimbangan mencari ditempati lain.
2. Iklan

Cara kedua mencari dari iklan media cetak, di sini dibutuhkan kecermatan mencari informasi iklan kamera bekas atau baru yang dijual melalui iklan kecil. Jika Anda menemukan kamera yang dicari, silahkan langsung telepon penjualnya, tanyakan alamat penjualnya di mana, kondisi kamera, dan jangan sungkan untuk negoisasi harga.
3. Jaringan social media

Walaupun banyak penipuan bisnis online melalui jaringan social media, tapi tak ada salahnya mencari di situs ini. Di Facebook banyak sekali komunitas fotografi dan toko kamera yang resmi, telusuri satu-satu iklan di Facebook. Pada fanpage fotografi diikuti oleh banyak fotografi professional dan terkadang di sana ada iklan jual kamera bekas maupun baru. Anda dapat kontak langsung dengan penjualnya, melalui chatting atau kirim-kirim nomor telepon. Pastikan yang menjual itu orang yang memang berniat melego kamera, bukan akun palsu yang motifnya penipuan. Jangan percaya terhadap tawaran kamera baru yang harganya jauh lebih murah dari harga resmi, pasti itu iklan penipuan.
4. Situs jual beli online

Kalau tidak, Anda bisa mencari di situs bisnis online, seperti kaskus, tokobagus, amazon, dan masih banyak lagi. Dinamika bisnis online di Indonesia sedang bergeliat, menunjukkan peningkatan perilaku belanja online. Perusahaan-perusahaan besar banyak membuka toko online sendiri, guna menjawab selera belanja konsumen yang memilik internet. Ambil contoh ada blibli, rakuten, lazada, situs ini menjual berbagai jenis kamera keluaran terbaru. Situs-situs ini menjamin keaslian produk yang dijual dan layanan delivery jika konsumen tinggal di Jakarta. Terkadang ada paket diskon tambahan, jika membayar dengan kartu kredit dari bank tertentu.
5. Komunitas fotografer

Jadilah anggota komunitas fotografer, maka Anda akan mendapatkan sejumlah benefit, salah satunya adalah kecepatan mendapatkan informasi penawaran kamera Nikon dari sesama member komunitas. Terkadang komunitas fotografer menggelar bazaar kecil-kecilan, pada moment ini ada banyak penjual yang menjual kamera dan berbagai peralatan fotografi lainnya. Jika Anda beruntung, bisa membawa pulang kemera impian dengan harga miring.
6. Lelang

Cara terakhir adalah menembus lelang yang diselanggarakan oleh badan lelang nasional. Jika sabar, ada juga kamera sitaan yang ikut dilelang. Kamera dan barang elektronik diperoleh dari hasil sitaan negara dari gratifikasi oleh pejabat negara. Cara mengikuti, Anda tinggal mendatangi badan lelang kemudian mendaftarkan diri sebagai peserta lelang dan menyetor yang sesuai harga penawaran. Namun, tak semua cara yang dilelang itu benda-benda elektronik, biasanya kendaraan dinas yang sudah tak layak pakai. Sedangkan lelang barang elektronik sifatnya hanyalah monumental saja. Piranti Fotografi Nikon mengeluarkan berbagai jenis kamera DSLR dan kamera poket, sebagai produk utamanya. Sedangkan peralatan fotografi lain merupakan peralatan tambahan yang dijual terpisah. Berikut ini adalah peralatan pendukung fotografi yang wajib dimiliki.
1. Lampu flash

Lampu flash merupakan perangkat tambahan, yang berfungsi sebagai alat menambah intensitas cahaya. Menggambil gambar di dalam ruangan yang penerangannya redup, bisa memanfaatkan lampu flash, agar objek yang diambil jelas. Lampu ini dipasang pada bagian atas kamera, atau samping. Kamera DSLR tipe sekarang, lampu menyatu pada body kamera, jadi tak perlu lagi memakai tambahan lampu flash.
2. Tele

Tele atau lensa adalah piranti yang banyak diburu penggemar fotografi professional. Lensa merupakan benda yang paling banyak diincar oleh penggemar fotografi. Fotografer professional mempunyai koleksi lensa lebih dari dua. Kamera tipe DSLR memakai lensa yang bisa dicopot dan diganti dengan tipe lain. Tele berfungsi memaksimalkan objek agar lebih besar dan jernih. Dengan bantuan lensa Anda bisa mengambil objek yang jaraknya puluhan meter jauhnya. Harga lensa termasuk mahal, antara 800rb sampai jutaan, bahkan ada lensa kamera yang harganya lebih mahal dari pada bodynya.
3. Tripod

Tripod berasal dari bahasa Inggris three foot artinya tiga kaki. Benda ini memang mempunyai tiga bilah kaki penyangga yang bisa diatur tinggi rendahnya. Tripod terbuat dari almunium, material ringan yang bisa ditenteng. Tripod adalah benda sekunder yang wajib dibawa apabila Anda tak mau capek meneteng perangkat kamera cukup berat. Manfaat tripod sebagai penyangga kamera agar berdiri statis, tujuannya supaya gambar yang dihasilkan tidak kabur. Benda ini dipakai untuk mengambil foto dengan teknik bulk dan objek mikro. Tripod terjual terpisah dengan kamera, benda ini harganya cukup murah, antara 250 ribu sampai 1 juta rupiah.

4. Kabel release
Piranti fotografi lainnya adalah kabel realese. Kabel ini diperlukan untuk proses fotografi indoor atau keperluan fotografi iklan advertising. Fungsi kabel ini adalah sebagai kepanjang dari tombol shutter. Terkadang ada kegiatan fotografi yang mengharuskan tetap membidik dan jari harus tetap pada tombol shutter. Agar tak mata tak lelah, kamera bisa dipasang pada tripod dan kabel shutter.
Refrensi : Harga kamera Canon Terbaru
Sumber gambar :
http://www.kameracanon.com/2015/03/h...non-1100d.html
__________________
Menulis adalah salah satu cara saya bertahan akan rasa lupa dalam diri, beberapa coretan saya ada di blog : Katalog Harga Promo - Cara Bermain Gitar - Contoh Surat Lamaran Kerja dan Model Rambut Terbaru
Danker is offline   Reply With Quote
Sponsored Links