View Single Post
Old 6th September 2015, 08:12 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pengusaha Diminta Sisihkan 1% untuk Dana Cadangkan Antisipasi PHK

Quote:
JAKARTA - Pemerintah menghimbau perusahaan untuk mencadangkan laba minimal 1 persen per tahun untuk mengatasi masalah PHK. Dana tersebut dinilai bisa meredam konflik industrial jika PHK terjadi.
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menghimbau perusahaan untuk mencadangkan keuntungan perusahaan minimal 1 persen per tahun. Dia menjelaskan, jika ada dana cadangan maka kasus PHK pun tidak menjadi masalah pelik seperti yang terjadi saat ini. Sebab, PHK yang terjadi di tanah air selama ini kerap menjadi persoalan dalam konteks hubungan industrial.

"Problem PHK mungkin bisa teratasi jika perusahaan menyisihkan laba 1 persen setiap tahunnya. PHK pun bisa diantisipasi dan konflik perburuhan pun bisa diminimalisir," katanya saat peluncuran logo baru Kemenaker di kantor Kemenaker, akhir pekan ini.

Menurutnya, PHK yang menimbulkan konflik hubungan industrial itu terjadi karena problema dari proses pemenuhan hak pegawai yang diberhentikan. Jadi jika ada dana cadangan yang bisa dipakai maka proses tersebut akan lebih aman.

Menurutnya, penyisihan laba 1 persen itu masih menjadi gagasan namun sangat realistis jika perusahaan mengadopsinya. Sehingga adanya dana cadangan ini akan bisa menekan persoalan karena faktor PHK baik untuk situasi sekarang dan tahun yang akan datang.

Selain itu, perusahaan pun tidak perlu khawatir, jelasnya, karena Kemenaker akan mendorong pemerintah untuk memberikan insentif. Hal ini terkait kebijakan ekonomi secara keseluruhan untuk mendorong dunia usaha agar bisa berkembang di tengah situasi pelambatan ekonomi seperti saat ini.

Dia meyakini dunia usaha akan terus bertahan tetapi memang dalam situasi seperti ini perkembangan usaha berjalan lambat. "Insentif itu akan kami dorong ke kementerian perekonomian agar diberikan kepada dunia usaha. Karena kementerian perekonomian yang berwenang memberikan insentif itu," jelasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links