View Single Post
Old 6th September 2015, 08:16 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Rencana Keuangan yang Sederhana Tapi Berimbas Besar (2)

Quote:
JAKARTA – Pada dasarnya kunci dari mengelola keuangan adalah menggunakan uang dengan bijak. Sehingga tidak terjadi pemborosan.
Untuk bisa mengendalikan pemborosan, maka diperlukan perencanaan matang. Perencanaan tidak perlu seefisien mungkin, cukup yang sederhana namun konsisten.

Berikut ini lanjutan artikel ‘Rencana Keuangan yang Sederhana Tapi Berimbas Besar’ seperti dikutip cheatsheet, Kamis (3/9/2015)

6. Dana pensiun

Anda harus menyisihkan sesuatu untuk tahun emas Anda, meskipun hanya sedikit setiap bulannya. Ketika Anda keluar dari utang, Anda akan mempunyai keuangan lebih besar, artinya Anda dapat menyimpan lebih banyak untuk pensiun.

Seperti halnya tujuan keuangan lainnya, langkah yang paling penting dalam menabung untuk pensiun adalah memulai. Mulailah dengan kontribusi dalam jumlah yang tidak signifikan namun tidak merugikan keuangan Anda secara keseluruhan. Kemudian meningkatkan kontribusi Anda setiap tahun.

Bahkan, Anda dapat mengalokasikan kenaikan gaji di masa depan sebagai uang pensiun atau mengarahkan pembayaran utang setelah Anda guna melunasi utang-utang. Jika keuangan Anda secara keseluruhan kuat, Anda juga dapat berkontribusi pada rencana pensiun Anda, seperti pengembalian pajak penghasilan dan bonus.

7. Simpan untuk tujuan-tujuan lain

Ada beberapa alasan untuk menyimpan uang selain dana darurat atau pensiun, seperti menabung untuk pendidikan tinggi anak-anak, membeli mobil baru tanpa berutang atau untuk perbaikan rumah Anda.

Bekerja keras untuk keluar dari utang tidak akan sepadan, jika Anda tetap terjun kembali pada utang ketika memerlukan biaya besar. Pencegahannya, dapat dilakukan melalui tabungan.

8. Memilih asuransi yang memadai

Ada banyak pengeluaran, yang mungkin akan menguras seluruh tabungan Anda bahkan mungkin kurang. Untuk itulah, asuransi diperlukan dalam berbagai jenis,termasuk kesehatan, automotif dan asuransi rumah, bahkan asuransi untuk bisnis Anda, jika Anda merupakan wirausahawan.

Seringkali, manfaat asuransi utama yakni perlindungan aset terabaikan, karena Anda memilih asuransi yang digabung dengan investasi. Misalnya, asuransi rumah memungkinkan Anda untuk memperbaiki tempat tinggal Anda setelah kerusakan dari bencana tertentu tanpa harus menguras keuangan lainnya. Bahkan, Anda dapat menggunakan asuransi jiwa untuk menutup sumber dana yang hilang jika ada keluarga Anda yang meninggal.

9. Tinggalkan warisan

Sebuah warisan yang baik dan jelas ditujukan ke siapa, merupakan akhir dari perencanaan keuangan Anda. Jika Anda tidak mengatur wasiat tersebut, bisa jadi harta Anda malah dapat berakhir di pengadilan. Bahkan, aset Anda dapat hilang begitu saja.

Seorang pengacara dapat membantu Anda memodifikasi kehendak Anda jikaAnda berubah pikiran. Anda juga dapat memperoleh rasa damai jika menyelesaikan kehendak Anda, seperti yang Anda dapat dari rencana keuangan yang tepat.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links