View Single Post
Old 6th September 2015, 08:17 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Empat Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit

Quote:
MENGGUNAKAN kartu kredit memang bisa menjadi keuntungan bagi sebagian orang, namun, bila dilihat dari sisi lain, kartu kredit bisa menjadi sebuah masalah yang bisa berujung kesulitan. Kesalahan pemahaman dan cara pemakaian justru bisa membuat seseorang kewalahan menggunakan kartu kredit. Berikut empat kesalahan dalam penggunaan kartu kredit:
1. Tidak melunasi seluruh tagihan kartu kredit



Ini boleh dikatakan merupakan penyebab utama mengapa banyak orang yang terjerat dalam utang kartu kredit. Tidak sedikit orang yang hanya membayar sejumlah “pembayaran minimum”. Ketika kamu melakukan ini, maka saldo utang yang tersisa akan terkena bunga yang sangat tinggi (bisa mencapai2,9%-4% per BULAN!) . Ketika kamu melakukan kesalahan ini, maka ibaratnya kamu sudah mengambil langkah pertama untuk masuk ke dalam jeratan utang kartu kredit.

2. Menganggap kartu kredit sebagai kartu debit



Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling fatal dalam menggunakan kartu kredit. Kartu Kredit bukanlah Kartu Debit (ATM). Hindari menarik uang cash dengan menggunakan kartu kredit karena ini akan dikenakan bunga dan biaya tarik tunai yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada angka di nomor satu.

3. Menggunakan kartu kredit untuk membayar utang

Kesalahan lainnya adalah menggunakan kartu kredit untuk menutup ataupun membayar cicilan utang tipe “Secured Debt”/utang yang menggunakan jaminan. Utang yang menggunakan jaminan (spt KPR, KMK, dll), bunganya secara umum lebih ringan. Oleh sebab itu jika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar utang tipe ini, berarti kamu malah ‘menukar’ utang yang bunganya lebih ringan dengan utang yang bunganya lebih berat.

4. Tidak disiplin mengontrol penggunaan kartu kredit dan tagihannya

Tentukan batas maksimum yang boleh kamu ‘gesek’ setiap bulannya. Lalu kontrol dan catat setiap pemakaian kartu kredit kamu setiap hari. Ketika jumlah pemakaian tersebut sudah mendekati batas maksimum yang kamu tentukan, ‘segel’ kartu kredit kamu, atau jika perlu (bagi yang lemah terhadap godaan belanja), tinggalkan kartu kredit di rumah.

Tebus Smartphone favorit kamu dengan manfaatkan layanan cicilan 0% dari berbagai kartu kredit yang ada! Bandingkan beberapa produk kartu kredit bersama HaloMoney sekarang, klik di sini!

Berita Ini Pertama Kali dipublikasikan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links