View Single Post
Old 7th September 2015, 08:50 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default DPR: Harusnya Harga Premium Rp6.900 per Liter

Quote:
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Komisi VII menilai seharusnya harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi jenis Premium saat ini bisa mencapai harga Rp6.900.
Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika menjelaskan, selain harga minyak dunia saat ini mencapai USD40 per barel, pemerintah seharusnya mengambil salah satu patokan perhitungan harga BBM internasional. Misalnya, di Singapura.

"Di sana (Singapura) harga BBM RON 90 mencapai 6.300 per liter. Bagaimana dengan harga RON 88 kalau di Indonesia? Setelah melihat Singapura, bisa kita ambil garis lurus ke untuk penetapan harga di Indonesia,"tutur Kardaya dalam diskusi Energi Kita, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (6/9/2015).

Lebih lanjut dia menjelaskan, jika sudah ditarik garis lurusnya. Anggap BBM di Singapura Rp.6.300 kemudian dibawa ke Indonesia, dengan biaya distribusi menjadi Rp6.600, kemudian ditambah pajak (PPn) menjadi Rp.6.900.

"Artinya plus PPn, itu pun kalau ikut hitungan ya, dan sudah ditambah ongkos distribusi dari Singapura, kemudian mengikuti harga minyak dunia USD40 per barel. Mestinya harga BBM jenis Premium turunkan,"tuturnya.

Kardaya menambahkan, hal tersebut bisa menjadi acuan pemerintah. Pertama, pilih acuan penetapan harga BBM internasional. Kedua, sesuaikan dengan harga minyak dunia dan ketiga kalkulasikan dengan biaya distribusi serta pajak yang ada di Indonesia. "Barulah tetapkan harga BBM-nya,"ujar Kardaya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links