View Single Post
Old 7th September 2015, 09:04 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bahayanya Boros Jajan bagi Keuangan Anda

Quote:
NAMA saya Rendy, usia 25 tahun. Belakangan ini saya menjadi sangat boros akibat terlalu sering jajan. Untuk pagi, tidak jarang saya membeli makanan hingga dua kali. Saya telah memiliki rencana anggaran tiap bulan. Pertanyaan saya, apakah wajar jika saya mengalihkan anggaran lain untuk jajan ini?

Terima kasih.



Jawab:

Hai Rendy,

Membuat rencana anggaran tiap bulannya sudah menjadi tindakan yang tepat. Memang untuk urusan membeli makanan, banyak dari kita yang sulit membatasi diri. Sebenarnya wajar-wajar saja jika anggaran lain lain digunakan untuk jajan. Namun ada tiga hal yang perlu Anda lihat kembali,

1. Apakah alasan mendasar dari keborosan pembelian makanan ini? Apakah Anda memang terus menerus merasa lapar, apa hanya karena bosan atau bahkan hanya karena ikut-ikutan teman?

2. Anggaran apa yang Anda alihkan untuk urusan ini dan seberapa besar presentase anggaran tersebut yang Anda pakai untuk urusan jajan makanan?

3. Seberapa penting anggaran jajan makanan dibanding anggaran yang dialihkan (jika dilihat untuk jangka panjang kehidupan Anda)? Bagaimana dampak jangka panjang dari anggaran jajan makanan yang lebih besar untuk hidup Anda?

Jika alasan mendasar Anda jajan terus karena merasa lapar, pastikan jajanan Anda sehat, sehingga uang yang dikeluarkan memang dapat menjamin bahwa hidup Anda akan lebih baik, lebih sehat dan bukan sebaliknya.

Jika alasan jajan hanya karena bosan dan ikut-ikutan teman, pengeluaran ini sebaiknya dipertimbangkan kembali. Anda dapat mensiasatinya dengan membawa makanan kecil dari rumah atau potongan buah yang bermanfaat untuk pencernaan Anda di pagi hari.

Untuk pertanyaan kedua, pastikan juga bahwa anggaran yang dialihkan bukan merupakan anggaran prioritas, seperti dana darurat. Anda bisa mengambil dari anggaran bersosialiasi misalnya. Untuk hal presentase, Anda yang tau baik seberapa besar Anda membutuhkannya. Sadarilah perbedaan antara keinginan dan kebutuhan untuk menentukan presentase.

Pada pertanyaan ketiga, jawablah dengan pikiran yang jernih. Orang di sekitar Anda tentunya akan memberi masukkan terbaik untuk diri Anda, namun hanya Anda sendiri yang mengetahui dan dapat memutuskan apa yang penting untuk hidup Anda.

Tiga pertanyaan ini akan membantu Anda untuk mengevaluasi dan merevisi kembali tindakan Anda belakangan ini. Pertanyaan di atas juga akan membantu Anda untuk membentuk pola pikir dan pengambilan keputusan yang lebih baik ke depannya.

Just donít give up what you want most for what you want now. Semoga bermanfaat.

Mega Tiarasari, CFP.MSc

PT. Mitra Rencana Edukasi

Perencanaan Keuangan , Konsultasi Keuangan , Financial Planner

Website. www.mre.co.id, Portal/Artikel. Perencanaan Keuangan

Game Edukasi Perencanaan Keuangan. SMART Money Game
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi

Berita Terkini Konsultasi Personal Finance MRE - Kumpulan Berita Konsultasi Personal Finance MRE Terbaru Hari Ini
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links