View Single Post
Old 7th September 2015, 12:51 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default PT KAI makin gemilang dengan tingkatkan pelayanan

Merdeka.com - Berbicara mengenai alat transportasi di Indonesia, kereta api masih menjadi pilihan transportasi andalan. Baik untuk mengangkut penumpang, hasil alam, dan industri, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera. Kereta api masih menjadi pilihan karena mampu menempuh jarak jauh dalam waktu relatif cepat dan memiliki kapasitas angkut yang besar. Memiliki jalur lintasan sendiri, moda transportasi ini juga sangat ramah lingkungan.

Perkeretaapian Indonesia telah berumur 7 dekade dan terus meningkatkan kinerja serta pelayanannya. Di bawah pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), kereta api terus membawa gebrakan baru dalam pelayanan transportasi publik tanah air. Pelayanan yang dulunya berbasis product oriented kini diubah menjadi pelayanan yang berbasis customer oriented. Kepuasan pelanggan lah yang menjadi goal PT KAI.

Pada kepemimpinan Edi Sukmoro sekarang ini , pembangunan dan pengembangan perkeretaapian yang modern makin gencar dilakukan. Di bawah kepemimpinan Edi, PT KAI terus bertransformasi menjadi perusahaan transportasi publik yang lebih baik. Inovasi pun menjadi salah satu prinsip utama agar PT KAI dapat menghasilkan pelayanan yang prima bagi setiap pengguna jasanya.

Pada prinsipnya, kami selalu berupaya agar seluruh aspek pelayanan dan stasiun dapat dimodernisasi dan penumpang semakin dimudahkan dalam bertransportasi menggunakan kereta api, kata Edi.


Kereta api kini menjadi moda transportasi favorit untuk liburan atau perjalanan bisnis. Hal ini dikarenakan sistem ticketing yang praktis, fasilitas yang nyaman, serta pelayanan crew yang ramah dan sigap. Terdapat juga fasilitas umum khusus yang disediakan, seperti ruang ibu menyusui, ruang merokok, charger station, dan berbagai fasilitas lainnya. Berkat peningkatan fasilitas dan pelayanan ini, pada Juli 2015 terhitung 39.619.799 penumpang yang sudah diangkut oleh PT KAI.

Demi meningkatkan kualitasnya, PT KAI akan membeli 5 trainset kereta kelas ekonomi dari PT Industri Kereta Api (Inka). Rangkaian yang terdiri atas 10 kereta ini nantinya akan memperkuat armada sarana PT KAI sehingga dapat mengangkut lebih banyak penumpang. Selain membeli sarana baru, PT KAI juga melakukan perawatan terhadap armadanya yang masih beroperasi sehingga selalu dalam kondisi yang maksimal.

Pada pelayanan yang diberikan, kini Anda dapat membeli tiket melalui berbagai channel dengan cara yang praktis dan mudah. Dapatkan tiket melalui www.tiket-kereta-api.co.id, Contact Center 121, mini market, kantor pos, dan agen resmi lainnya. Bisa juga memanfaatkan e-kiosk yang merupakan vending machine untuk membeli tiket. Setelah membeli tiket dan mendapatkan kode booking, calon penumpang tinggal mencetak tiketnya di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang banyak tersedia di stasiun. Kedepannya, berbagai kemudahan dalam mendapatkan tiket yang disediakan oleh PT KAI akan terus ditingkatkan dengan berbagai inovasi.


Tidak hanya diminati oleh penumpang yang ingin bepergian saja, kereta api juga mulai mencuri perhatian para pengusaha. Layanan angkutan barang dengan kereta api memiliki keunggulan yang tidak terdapat pada moda angkutan barang lainnya, antara lain alur distribusi yang cukup luas, cepat karena beroperasi di jalur sendiri, terjadwal, dan kapasitas angkut yang besar. Untuk angkutan jarak jauh, KA barang bahkan unggul dalam hal efisiensi waktu.

Ambil contoh angkutan peti kemas. Bila menggunakan KA, misalnya Jakarta-Surabaya dapat ditempuh 15-16 jam. Atau Semarang-Jakarta sekitar 9-10 jam. Apabila melalui jalur jalan darat bisa mencapai 2-3 hari. Sudah pasti lebih efisiensi waktu, kata Edi.

Di Sumatera yang menjadi wilayah angkutan barang terbesar, PT KAI tengah memperkuat pembangunan jalur ganda di Divre 3 Sumatera Selatan. Hal ini dilakukan agar nantinya angkutan batu bara dengan kereta api dapat ditingkatkan frekuensi perjalanan dan kapasitas angkutnya. Di wilayah Divre 1 Medan, PT KAI melakukan perbaikan jalur simpang untuk angkutan CPO dan penataan emplasemen Stasiun Belawan dan Stasiun Labuan.

Di Pulau Jawa, pembangunan infrastruktur juga tidak kalah gencar yakni penataan emplasemen stasiun untuk peningkatan kapasitas pelayanan yang meliputi pembangunan overcapping, pembuatan jalur baru, dan gantry crane.

Untuk mengembangkan potensi pasar, PT KAI juga kian gencar memperkenalkan angkutan barangnya dengan mengundang calon pelanggan potensial ke dalam suatu seminar atau diskusi kelogistikan. Promosi angkutan barang juga dilakukan secara door-to-door. Kereta api akan senantiasa berkontribusi nyata untuk memajukan dan meningkatkan taraf perekonomian bangsa melalui core business maupun noncore business-nya.










http://www.merdeka.com/jakarta/pt-ka...pelayanan.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links