View Single Post
Old 8th September 2015, 08:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Krisis Ekonomi di September, Ini Kata Dr Doom

Quote:
JAKARTA - Krisis keuangan global disebut potensial terjadi pada September-Oktober 2016 ini. Ada sejumlah faktor yang bisa menjadi pemicu krisis tersebut.

Nouriel Roubini yang dikenal sebagai Dr Doom, ekonom yang dulu sempat memberikan peringatan atas krisis keuangan 2008, menyebut yang harus diwaspadai sekarang ini adalah bom waktu likuditas (liquidity time bomb).

Likuditas ini, kata dia, yang selama ini menjadi trigger mendorong perekonomian dan juga yang akan membuat perekonomian menjadi kolaps (trigger a bust and a collapse). Demikian dilamsir dari CNN, Selasa (8/9/2015).

Ekonom Universitas New York ini pun ikut mengkhawatirkan isu krisis ekonomi global yang berada di depan mata. Menurutnya, likuditas adalah darah dalam pasar keuangan.

Likuditas ini mencerminkan betapa mudahnya investor untuk menjual saham atau obligasi. Ketika investor mengalami ketakutan, tapi tidak bisa menjual saham, hal ini semakin menimbulkan kepanikan.

Roubini menyebutkan beberapa poin yang patut dikhawatirkan investor terkait kondisi hilangnya likuditas yang parah (severe market illiquidity). Artinya, arus likuditas bisa membuat pasar tiba-tiba anjlok.

Contohnya, investor di seluruh dunia mengalami ketakutan pada Mei 2010 yang memicu crash di pasar modal. Hal ini memicu indeks Dow Jones terjungkal hampir 1.000 poin dalam kurun waktu satu jam setengah.

Selanjutnya, ada juga "taper tantrum" yang terjadi di 2013. Saat itu, yield obligasi negara AS meroket selama beberapa hari setelah mantan Gubernur the Fed, Ben Bernanke mengusulkan penghentian program stimulus ekonomi (quantitive easing) di AS.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links