View Single Post
Old 8th September 2015, 08:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bahayanya Likuditas yang Bisa Picu Krisis Ekonomi Baru

Quote:
JAKARTA - Masalah rentannya likuditas sangat berpotensi memicu terjadinya krisis keuangan global. Ekonom tersohor Nouriel Roubini yang dikenal sebagai Dr Doom menyebut ada tiga faktor yang memicu hal ini.

Pertama, kebiasaan ikut-ikutan (herding berhavior). Hal ini biasa terjadi di pasar saham, jika sebuah saham naik kencang, akan semakin menjadi mahal dengan banyak investor yang ikut-ikutan membeli saham tersebut.

Hal ini mengarah ke herding behaviour dan menciptakan perdagangan yang crowded. Misalnya, penguatan dolar AS yang terjadi akibat aksi ini, akan menjadi sangat berbahaya dan berpotensi menimbulkan chaos ketika terjadi aksi ini pada waktu berbarengan.

Kedua, obligasi bukan saham. Sangat penting untuk mengingat bahwa fixed income asset jangan ditransaksikan seperti saham yang superlikuid. Demikian dilamsir dari CNN, Selasa (8/9/2015).

Roubini menggarisbawahi, investor bisa menjadikan asetnya uang cash dalam waktu sehari. Hal ini bisa menimbulkan penjualan secara masif seperti yang terjadi dalam pasar mortgage bond di 2007-2008.

Ketiga, bank menjadi agen stabilisator obligasi. Selama masa krisis, bank di AS berperan menjadi stabilisator pasar obligasi. Tapi sekarang, bank tidak melakukan itu karena terjadi perubahan regulasi yang membuat mereka menjadi pemain kecil di pasar obligasi.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links