View Single Post
Old 9th September 2015, 12:03 AM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 2 Jul 2015
Userid: 4032
Posts: 27
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Manfaat Memasang Google Analytics Di Blog

Manfaat memasang Google Analytics di blog. Mengetahui bagaimana pengunjung blog Anda berinteraksi dengan blog Anda itu sangat penting untuk menunjang kesuksesan blog Anda. Cara terbaik untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh pengunjung blog Anda adalah melalui statistik Google Analytics. Google analytics menyediakan berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan, maka dari itu Anda perlu mengetahui apa sih manfaat memasang google analytics di blog?


Google Analytics memungkinkan Anda untuk mengetahui berbagai hal tentang traffic pada website Anda, diantaranya yaitu :

1.Siapa yang Mengunjungi Situs Anda

Google Analytics akan member Anda data mengenai lokasi geografis audiens Anda, browser yang digunakan oleh audiens untuk mengunjungi situs Anda dan banyak informasi penting lainnya seperti: resolusi layar, dukungan JavaScript, dukungan Flash, bahasa dan banyak lagi.
Data ini sangat berguna dan dapat membantu dalam berbagai cara. Ketika Anda akan merombak website, Anda dapat menggunakan data pengguna untuk memastikan bahwa situs Anda akan kompatibel dengan audiens Anda. Jika sebagian besar pengguna Anda tidak memiliki dukungan Flash, maka Anda harus menghindari menambahkan elemen flash dalam situs Anda. Jika sebagian besar pengguna masih memakai resolusi layar 1280px maka pastikan bahwa desain Anda kompatibel dengan resolusi mereka atau lebih kecil.

2.Apa yang mereka lakukan ketika mereka berada di situs web Anda

Anda dapat melacak artikel mana yang paling disukai oleh audiens, berapa lama mereka tinggal di website Anda, dan seperti apa tingkat Bounce Rate yang terjadi di website Anda. Dengan menggunakan informasi ini, Anda dapat menurunkan tingkat bouncing dengan merombak landing page atau meningkatkan kualitas konten yang Anda buat.

3.Kapan mereka mengunjungi situs web Anda

Dengan melihat waktu saat terjadi Traffic yang paling padat, Anda dapat memilih strategi waktu ketika Anda akan mempublikasikan posting Anda. Jika ternyata “jam padat lalu lintas” terjadi ketika Anda sedang tidak bisa publish konten secara konsisten, maka Anda bisa mengatur jadwal untuk itu.

4.Darimana Mereka Mengetahui Situs Web Anda

Google Analytics menunjukkan darimana pengguna sampai ke website Anda (misalnya: Search Engine, Link Direct, Referral link, Social Media, atau dari situs lain).

Hal ini juga menunjukkan berapa persentase pengunjung Anda yang berasal dari masing-masing sumber tersebut. Google Analytics memberikan rincian dari masing-masing kategori. Misalnya jika kategori yang memiliki sumber terbanyak adalah Search Engine, berarti user yang mengunjungi website Anda mendapat link ke website Anda dari mesin pencari (tidak hanya Google, tapi juga Ask, Bing, Yahoo, dll).

Jika sumber rujukan utama Anda adalah twitter, maka Anda harus memiliki konten twitter eksklusif untuk membuat follower twitter Anda merasa istimewa. Jika sumber rujukan utama Anda adalah situs eksternal, maka Anda sebaiknya memaksimalkan itu dengan banyak melakukan Guest Posting atau Forum Crawling.
Dengan fitur ini, Anda bisa menyusun strategi untuk menyebarkan link website Anda melalui jaringan mana saja.

5.Bagaimana mereka berinteraksi dengan konten situs Anda

Google Analytics menunjukkan bagaimana pengguna Anda berinteraksi dengan konten situs Anda. Ini menunjukkan sejauh mana user mengklik link pada situs yang Anda.
Dengan melihat aktivitas interaksi dari user, Anda dapat menyusun strategi konten yang baik, dengan sasaran tema atau topic konten yang paling banyak disukai oleh user.

6.Google Analytics – Anywhere, Anytime

Sama seperti slogan dari Google Analytics – Anywhere, Anytime . Anda akan diberi kemudahan mengakses halaman Google Analytic Anda darimana saja karena Google Analytics bisa dimuat dengan baik di smartphone maupun tablet. Jadi Anda selalu bisa memonitor traffic pengunjung di website Anda kapan saja, di mana saja.
buatblog is offline   Reply With Quote
Sponsored Links