View Single Post
Old 10th September 2015, 07:44 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mana Lebih Irit, Listrik Token atau Meteran?

Quote:
JAKARTA Merebaknya mafia dalam transaksi listrik pulsa atau prabayar, membuat transaksi pembayaran listrik berupa saldo voucher muncul wacana untuk tidak diwajibkan lagi. Sehingga, masyarakat mempunyai pilihan untuk menggunakan cara pembayarannya.

Lantas, apakah efisien jika masyarakat kembali ke meteran untuk menggunakan transaksi pembayarannya. Menurut pengamat energi Mamit Setiawan, transaksi listrik dengan menggunakan pulsa atau pra bayar lebih simpel jika dibandingkan dengan menggunakan meteran.

"Tapi jika kembali menggunakan meteran, lebih jelas hitungannya. Kalau pakai pulsa kan penyakitnya kita beli Rp100 ribu tidak sesuai dengan saldonya," ujar Mamit, saat dihubungi Okezone, Kamis (10/9/2015).

Jika memang harus menggunakan meteran seperti dulu, kata Mamit, apakah PT PLN (Persero) siap merubahnya kembali. Menurutnya, memang kelebihan menggunakan pulsa tidak terlalu banyak memakai listrik.

"Kalau sistem abonemen, ada kelebihan dan kekurangannya. Voucher jangan dimonopoli dan nilai harganya harus sesuai dengan saldo, ada margin yang diambil tapi tidak banyak," ucapnya.

Dengan menggunakan meteran, maka pemakaiannya lebih jelas. Untuk boros atau tidak, kata Mamit, tergantung pemakaian.

"Menurut saya lebih efisien meteran dibanding pulsa. Kalau beli voucher biasanya kena biaya administrasi," ungkapnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links