View Single Post
Old 10th September 2015, 07:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Penghapusan Pajak Rumah, Pemprov DKI Diproyeksi Kehilangan Rp250 Miliar

Quote:
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kehilangan peneriman pajak sekira Rp250 miliar jika menggratiskan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi warga DKI Jakarta yang tinggal di Rumah Susun (Rusun) dan rumah warga yang berharga di bawah Rp1 miliar.

Pengamat perpajakan Yustinus Prastowo, menuturkan selama Pemda DKI mampu mengoptimalkan sektor penerimaan pajak lain seperti pajak hiburan, pajak restoran dan pajak reklame, penhapusan pajak rumah yang dilakukan tidak akan bermasalah.

"Peneriman pajak rumah DKI setiap tahunnya mencapai sekira Rp250 miliar. Tapi pemerintah harus mencari opsi pengganti,agar penerimaan pajak ini bisa terus optimal," tutur Yustinus saat dihubungi Okezone.

Menurutnya, optimalisasi perlu dilakukan Pemda, dengan mencari pengganti pajak ini. Pasalnya, hal tersebut untuk menopang pendapatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Adapun beberapa opsi optimalisasi, yang bisa dilakukan Pemda DKI, semisal melakukan peningkatan pajak, hiburan, kemudian pajak reklame, pajak hiburan, pajak restoran pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Kendati demikian, Yustinus mengakui jika kebijkan ini cukup positif. Pasalnya, kebijkan ini sebagai perwujudan keberpihakan kongkret pemerintah terhadap beban masyrakat.

"Kondisi perkonomian saat ini kurang bagus. Saya kira kebijakan ini cukup positif sebagai bentuk keberpihkan kongkret pemerintah terhadap beban masyarakat ditengah perekonomian saat ini," ujarnya.

Sekedar informasi, Sebelumnya, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggratiskan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) apabila tagihannya di bawah Rp1 miliar. Menurutnya kebijakan ini dilakukan agar Pemprov DKI dapat memberi keadilan bagi seluruh warga yang hidup dengan ekonomi kelas menengah ke bawah.

"PBB kita sudah siapkan itu, tinggal pergub. Jadi, kita pikir ini ekonomi begitu susah. Kita bantu orang yang betul-betul tapi adil. Tugas kami mengadministrasi keadilan sosial. Jadi, siapa pun orang yang tinggal di rusun atau rumahnya berharga Rp1 miliar ke bawah tidak perlu bayar PBB, nol!" ujar Ahok.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links