View Single Post
Old 10th September 2015, 07:57 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pembangunan Jalan Tol Soroja Resmi Dimulai

BANDUNG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja), Bandung, Kamis (10/9/2015). Tol ini dirancang sepanjang 8,15 kilometer.

"Saya sudah katakan, ground breaking ini segera dilakukan pelaksanaannya. Sejak penugasan, sampai argo terus berjalan," ujar Basuki saat sambutan pencanangan Jalan Tol Soroja.

Basuki mengharapkan, tol ini bisa selesai sesuai jadwal pada Agustus 2016. Kapasitas investor dan anggota konsorsium, wali kota dan bupati bisa membantu menyelesaikan pembangunan Tol Soroja sesuai target.

Adapun konsorsium Tol Soroja terdiri dari PT Citra Marga Nurshapala Persada Tbk (CMNP), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Jasa Sarana yang tergabung menjadi PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ).

Menurut Direktur Utama CMLJ R Bagus Suarso, pembangunan infrastruktur adalah syarat utama pertumbuhan ekonomi. Kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, dan Bandung memiliki beban jalan yang lebih berat dibanding kota lainnya, karena itu membutuhkan infrastruktur yang lebih memadai.

"Hadirnya tol ini penting untuk mengurai kemacetan di kota-kota besar. Tol Soroja sepanjang 8,15 kilometer akan menjadi urat nadi baru yang menghubungkan Kota dan Kabupaten Bandung," kata Bagus.

Hambatan 10 persen

Dengan kompetensi CLMJ, dia yakin, target waktu satu tahun dapat terpenuhi. Harapannya, Bandung yang menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Olahrga Nasional (PON) pada September 2016, dapat terlaksana dengan lancar dengan adanya tol tersebut.

Meski demikian, kata Bagus, masih ada hambatan yang perlu diselesaikan, yakni pembebasan 10 persen sisa lahan. Dia berharap capaian pembebasan lahan bisa segera dilaksanakan agar pembangunan sesuai target.

"Memang bukan perkara mudah. Pemerintah daerah diharapkan ada ekstra bantuan kemudahan. Dengan begitu, proyek cepat penyelesaiannya," tandas Bagus.

Luas pembebasan lahan Tol Soroja adalah 112,5 hektar dengan rincian Kota Bandung 8,1 hektar dan Kabupaten Bandung 104,4 hektar. Pembangunan jalan dibagi tiga seksi yaitu Pasir Koja-Margaasih sepanjang 3,05 kilometer, Margaasih-Katapang 2,2 kilometer, dan Katapang-Soreang 2,9 kilometer. Masing-masing proses pembebasan lahannya adalah 75 persen, 85 persen, dan 90 persen. Sementara untuk tarif diusulkan Rp 702 per kilometer.




















http://properti.kompas.com/read/2015....Resmi.Dimulai.
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links