View Single Post
Old 10th September 2015, 08:02 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default DKI Mesti Kaji Rencana Pembangunan Jalan Layang Semanggi

JAKARTA, KOMPAS Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun jalan layang di Semanggi mesti didahului dengan studi yang benar tentang rencana ini. Jangan sampai adanya jalan layang malah memindahkan kemacetan dari lokasi lama ke jalan baru.

Ide membangun jalan layang di Semanggi dilontarkan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama pada Rabu lalu. Pembangunan jalan layang melingkar di Semanggi dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan di perpotongan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Saat ini, rencana itu baru masuk tahap perencanaan dan pembuatan desain.

Direktur Eksekutif Masyarakat Transportasi Indonesia Deddy Herlambang, Kamis (2/7), mengatakan, rencana pembangunan jalan ini harus diikuti dengan studi yang serius untuk mengkaji apakah rencana ini layak dijalankan.

"Tanpa studi, pembangunan jalan di Semanggi berpotensi memindahkan kemacetan dari satu titik ke titik lain," ujar Deddy.

Melihat dari rencana awal, Deddy memperkirakan belum ada studi terhadap rencana pembangunan jalan layang Semanggi ini. Karena itu, dia mendorong pemerintah provinsi melakukan studi apabila benar-benar ingin mewujudkan rencana tersebut.

Secara terpisah, pengamat transportasi dari Universitas Indonesia, Ellen SW Tangkudung, mengatakan, belum pernah melihat rencana ini secara detail.

"Informasi yang saya terima baru berupa gambar, tetapi belum jelas di mana jalan itu akan dibangun," ucap Ellen yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta.

Dia mengatakan, jalan Semanggi yang ada sekarang sudah pernah diubah dari jalan yang dibangun mantan Presiden Soekarno. Perubahan dilakukan bersamaan dengan pembangunan tol yang melintasi Semanggi.

"Tetapi, perubahan ini tidak mengubah bentuk Semanggi karena Semanggi ini merupakan standar geometrik persimpangan yang ideal," kata Ellen.

Sementara rencana penambahan jalan layang di Semanggi masih belum jelas. Harapannya, jalan baru tidak serta-merta dibuat dan mengabaikan fungsi serta estetika jalan yang sudah ada.

















http://megapolitan.kompas.com/read/2...paign=related&
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links