View Single Post
Old 12th September 2015, 11:45 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ridwan Mukti Programkan Bangun Pelabuhan Laut Penyangga di Mukomuko

Bengkulu - Calon gubernur (cagub) Bengkulu, Ridwan Mukti (RM), mengatakan, bila terpilih menjadi gubernur pada pilkada 9 Desember nanti, dirinya akan membangun pelabuhan laut penyangga di Kabupaten Mukomuko guna memaksimalkan pemanfaatan potensi maritim yang ada di daerah ini.

"Saya sudah memprogramkan untuk membangun dua pelabuhan laut lagi di Bengkulu, yakni di Mukomuko dan Kaur. Ini dilakukan guna memaksimalkan pemanfaatan potensi keluatan yang dimiliki kedua kabupaten tersebut," kata Ridwan Mukti kepada SP dan Beritasatu.com, di Bengkulu, Sabtu (12/9).

Ia mengatakan, pembangunan pelabuhan penyangga di Kabupaten Mukomuko dan Kaur tidak hanya bertujuan untuk memaksimalkan potensi maritim yang ada di dua kabupaten tersebut, tapi juga sekaligus menghidupkan jalur angkutan laut di pesisir barat Indonesia.

Sebab, jalur angkutan laut di pesisir barat Indonesia tidak seramai di jalur Selat Malaka. Hal ini terjadi karena jumlah pelabuhan di pesisir barat sedikit sekali.

Namun, jika jumlah pelabuhan laut di pesisir barat cukup banyak, maka kapal-kapal akan ramai melintasi jalur tersebut dengan pusat perlintasan berada di wilayah Bengkulu.

"Selama ini, kapal tidak mau melewati pesisir barat karena pelabuhan sedikit, tapi kalau pelabuhan di jalur banyak, maka kapal asing akan lewat pesisir barat guna mengantisipasi kepadatan kapal di jalur Selat Malaka," ujarnya.

Ridwan mengatakan, jika jalur pesisir barat terbuka, maka kapal-kapal asing akan melintasi di wilayah perairan Bengkulu, sehingga pelabuhan yang ada di daerah ini akan ramai disinggahi kapal dari berbagai dunia.

Dengan demikian, pelabuhan Pulau Baai akan berkembang dan bisa menjadi pelabuhan internasional. Hal ini tidak mustahil terjadi bila program penambahan dua pelabuhan laut di Bengkulu dapat direalisasikan.

Selain Bengkulu menjadi pelintasan kapal-kapal asing juga potensi maritin yang dimiliki daerah ini dapat digarap secara maksimal. Sebab, sumber kekayaan Bengkulu yang paling banyak ada di laut.

Karena itu, potensi laut yang dimiliki Bengkulu harus digarap secara maksimal dengan mendatang investor perikanan ke daerah ini. Namun, sebelum mengundang investor masuk ke Bengkulu perlu disiapkan berbagai infrastruktur, seperti listrik, air bersih, jalan mulus dan fasilitas penunjang lainya.

Jika hal ini dapat disediakan dengan baik oleh Pemprov Bengkulu, maka investor akan banyak datang ke daerah ini untuk membuka berbagai jenis usaha di sektor perikanan, perkebunan dan pertanian.

Selama ini, tidak berminatnya investor masuk ke Bengkulu, karena sarana dan prasarana yang diperlukan pengusaha tidak tersedia dengan baik, seperti daya listrik minim, air bersih terbatas dan jalan-jalan banyak rusak.

Hal ini tidak akan bisa menarik minat pengusaha untuk masuk ke Bengkulu. Karena itu, ke depan sarana dan prasarana pendukung untuk menarik minta investor datang ke Bengkulu harus dibenahi secara menyeluruh.

Karena itu, gubernur Bengkulu terpilih nanti harus mampu mendatangkan dana pembangunan besar ke daerah ini. Tanpa ada kemampuan menarik dana pusat ke Bengkulu jumlah besar jangan diharap daerah ini bisa bangkit dari provinsi tertinggal di kawasan barat Indoensia.

Dana APBD yang ada sekarang dipastikan tidak cukup untuk membangun Bengkulu dengan lompatan -lompatan besar.

"Jadi, gubernur Bengkulu ke depan harus memiliki jaringan kuat di pemerintah pusat dan kalangan pengusaha nasional. Kalau tidak ada jaringan kuat di nasional jangan diharap bisa dapat dana pembangunan besar," ujarnya.

Jika pembangunan di Bengkulu mengeliat di berbagai sektor, maka tenaga kerja yang dapat ditampung sangat besar, sehingga angka pengangguran di Bengkulu semakin kecil.

Selain itu, jika pembangunan mengeliat di Bengkulu, maka perputaran uang akan tinggi, sehingga berbagai usaha yang dikembangkan masyarakat maju dan berkembang. Dengan demikian, kesejahteraan rakyat akan meningkat.

"Ini hanya bisa dilakukan jika kita bekerja keras mendatangkan dana dari luar ke daerah ini. Tanpa kerja keras dan hanya mengandalkan dana APBD hanya mimpi saja," ujarnya.













http://www.beritasatu.com/nusantara/...-mukomuko.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links