View Single Post
Old 13th September 2015, 08:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Investasi Pendidikan, Makin Cepat Makin Baik

Quote:
JAKARTA - Bagi orangtua, merencanakan pendidikan anak hingga ke jenjang perguruan tinggi sangatlah penting. Namun, butuh waktu yang panjang untuk merealisasikan. Oleh karena itu, merencanakan keuangan untuk dana pendidikan anak harus diawali sejak dini. Semakin cepat memulainya, semakin besar kesempatan yang diraihnya.
Senior Vice President and Head of Wealth Management HSBC Indonesia, Steven Suryana, mengatakan secara umum merencanakan keuangan untuk dana pendidikan anak paling ideal adalah diawali sedini mungkin. Sehingga, nasabah mempunyai waktu yang lebih panjang.

"Nanti secara reguler mereview apakah ini masih sesuai dengan plan atau tidak. Kalau misalnya kita mempunyai waktu yang sedikit, maka kita jadi mengandalkan tabungan yang sudah dimiliki," ujar Steven, saat berbincang dengan Okezone, di Jakarta.

Dengan memiliki waktu yang lebih panjang, maka opsi pilihannya untuk investasi pun menjadi lebih banyak. Seperti produk asuransi yang didesain ketika anaknya masih kecil untuk pendidikan tinggi.

"Kalaupun ada produk-produk asuransi tergantung risiko dari nasabah, misalnya karena pendidikan anaknya masih di atas 10 tahun mungkin dia bisa masuk ke reksa dana secara potensi return juga menarik," ucapnya.

"Misalnya orangtua menginginkan anaknya menjadi dokter, tapi apakah anak kita interes atau tidak. Jurusan menentukan biayanya juga, misalnya apakah anak tersebut kuliah di dalam negeri atau di luar negeri, kalau masih 10 tahun lagi perlu kita menghitung angka inflasi," ungkapnya.

Orangtua tersebut harus menyiapkannya tergantung pilihannya kuliah di dalam negeri atau di luar negeri. Kemudian, apakah saat ini orangtua yang bersangkutan mempunyai uang untuk disisihkan tiap bulannya. "Untuk kelemahannya, semua tergantung dari profil nasabah dan jangka waktunya," tuturnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links