View Single Post
Old 14th September 2015, 08:51 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Apakah Menguntungkan Jika Saya Pindah Kerja?

Quote:
SAYA ditawari pekerjaan, selisih gajinya hingga Rp2 juta dari pekerjaan saya sekarang. Tapi, jarak kantornya lebih jauh dua kali lipat dari sekarang. Misalnya, dari awalnya saya yang ke kantor mengendarai motor menghabiskan bensin Rp10.000 per hari, dengan kantor baru ini menghabiskan Rp20.000 per hari.

Apakah menguntungkan jika saya pindah kerja? Sementara beban pekerjaan tidak berbeda jauh.



Terima kasih

Rahmat





Jawab :

Hai Rahmat,




Salah satu hal yang memotivasi seseorang untuk mau pindah kerja ataupun pindah perusahaan adalah keinginan untuk mendapatkan gaji yang lebih besar. Hal tersebut wajar, karena memang kebutuhan kita semakin lama tentunya akan semakin banyak dan membutuhkan dana yang lebih besar pula. Dan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin banyak itu adalah dengan cara berpindah tempat kerja.

Nah semisal bila di perusahaan lama anda, anda membutuhkan ongkos transportasi Rp. 10,000 per hari, dengan asumsi sebulan bekerja selama 22 hari, maka dana yang dibutuhkan untuk ongkos total perbulannya adalah sekitar Rp. 220,000. Mari kita bandingkan dengan kebutuhan di tempat yang baru. Ongkosnya naik dua kali lipat alias Rp. 20,000 dikali dengan 22 hari menjadi Rp. 440,000.

Secara matematis penghasilan anda memang meningkat, karena gaji bertambah Rp. 2 juta rupiah. Dan setelah diperhitungkan, pengeluaran untuk transportasi juga akan meningkat dua kali lipat. Dengan jarak antara tempat tinggal dan kantor yang semakin jauh, berarti memang konsekuensinya adalah ongkos yang dibutuhkan semakin tinggi. Itu baru yang bisa dihitung secara matematis.

Karena bertambahnya jarak berarti semakin banyak pula tenaga yang harus dipersiapkan untuk melakukan perjalanan, sekaligus semakin banyak juga alokasi waktu yang harus disediakan, dan semakin sedikit waktu yang tersedia untuk berkumpul bersama keluarga.

Ada orang yang tetap merasa enjoy saja ketika menempuh jarak ke kantor yang lebih jauh, karena merasa senang berada di kantor baru, dan penambahan ongkos transportasi dianggapnya adalah hal yang wajar yang harus ia bayar atas pilihan mendapatkan penghasilan yang lebih besar tersebut. Namun ada juga yang kemudian merasa kurang nyaman dengan jarak yang semakin jauh, efeknya badan jadi lebih letih dan gampang sakit, sehingga justru menjadi semakin banyak pengeluaran untuk menjaga kesehatannya.

Jadi apakah pilihan untuk pindah kerja dengan gaji yang bertambah sekaligus jarak yang semakin jauh itu merupakan pilihan yang tepat ?. tentunya anda sendiri yang bisa menjawabnya, karena disesuaikan dengan kondisi yang anda alami. Yang jelas apapun pilihannya, pastikan anda untuk bisa terus merasa nyaman agar dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)

PT. Mitra Rencana Edukasi

Perencanaan Keuangan , Konsultasi Keuangan , Financial Planner

Website. www.mre.co.id, Portal/Artikel. Perencanaan Keuangan

Game Edukasi Perencanaan Keuangan. SMART Money Game
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi

Berita Terkini Konsultasi Personal Finance MRE - Kumpulan Berita Konsultasi Personal Finance MRE Terbaru Hari Ini

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links