View Single Post
Old 15th September 2015, 09:27 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mau Berjualan di Internet? Intip Potensialnya E-Commerce Indonesia

Quote:
JAKARTA - E-commerce merupakan industri yang terbilang baru di Indonesia. Namun seiring dengan penetrasi perkembangan internet yang semakin pesat, membuat industri ini melesat meskipun diterpa perlambatan ekonomi.
Menurut Country Industry Head Google Indonesia Henky Prihatna, memang perkembangan industri e-commerce sangat melekat dengan perkembangan internet di Indonesia. Menurut data yang dimilikinya pengguna internet di Indonesia saat ini sudah berjumlah hampir 100 juta orang.

"Menariknya dari total itu orang yang benar-benar aktif menggunakan internet artinya menggunakan internet 3 jam per hari jumlahnya terus berkembang. Dari 24 juta sekarang sudah 50 juta orang yang aktif menggunakan internet," tuturnya kepada Okezone di Jakarta.

Menurut riset yang dilakukannya dari total pengguna internet yang ada saat ini jauh lebih banyak menggunakan gadget smartphone. Setidaknya mereka menggunakan smartphone-nya selama 5,5 jam per hari untuk mengakses media sosial, mencari informasi, hiburan dan berbelanja.

"Sekitar 78 persen dari yang berbelanja online juga menggunakan smartphone. Jadi shopping sudah menjadi bagian utama dari penggunaan smartphone," imbuhnya.

Namun masih ada juga pengguna internet yang masih belum mencoba untuk berbelanja. Henky mengatakan banyak alasan mengapa mereka belum mencobanya, namun dari seluruh pengguna internet yang belum pernah berbelanja online 50 persen menyatakan ingin mencobanya.

"Mereka sebenarnya masih ragu. Mereka juga berpikir untuk belanja online harus menggunakan kartu kredit, padahal cara pembayarannya saat ini sudah beragam. Tapi yang terpenting bagi mereka adalah harga dan kepastian garansi. Mereka mengaku akan mencoba," tambahnya.

Kendati demikian, bagi mereka yang sudah merasakan berbelanja online cenderung terus melakukannya. Pasalnya user internet tersebut sudah merasakan berbagai kemudahan belanja melalui online.

"Kebanyakan yang sudah setia lebih mementingkan kemudahan. Sedangkan yang masih baru masih mementingkan harga," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links