View Single Post
Old 16th September 2015, 08:27 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lima Solusi Alternatif Mendapat Dana untuk Kuliahmu

Quote:
SAAT ini biaya pendidikan di Indonesia memang sangat mahal. Tidak heran orang akan berpikir dua kali bila ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terutama bila yang diincar adalah perguruan tinggi swasta yang cukup terkenal.

Tetapi jangan putus asa. Di mana ada usaha di situ pasti ada jalan. Jangan sampai masalah dana menjadi halangan untuk Anda mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Berikut ada lima solusi alternatif untuk mendapatkan dana kuliah. Selama Anda tipe yang suka bekerja keras dan bersemangat, tidak ada yang tidak mungkin bukan? Silakan disimak:

1. Beasiswa

Bila Anda memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan nilai ujian selalu cemerlang, tidak ada salahnya Anda mencoba mencari alternatif dana kuliah lewat jalur beasiswa.

Di Indonesia Anda bisa menemukan banyak jenis beasiswa. Mulai dari beasiswa yang dikeluarkan perusahaan lewat jalur CSR-nya seperti Samporna Foundation hingga beasiswa dari luar negeri seperti beasiswa Fullbright dari Amerika atau Australian Development Scholarships (ADS) dari Australia.

Kecerdasan Anda akan menguntungkan karena akan membuat Anda meneruskan kuliah ke luar negeri secara gratis.

2. Kredit Tanpa Agunan

Solusi alternatif lainnya yaitu mengambil kredit tanpa agunan (KTA) dari bank. KTA ini bisa Anda gunakan untuk uang muka masuk universitas atau membayar uang semester.

Proses pengambilan KTA lebih mudah dibanding kredit lainnya dari bank. Namun Anda harus memastikan KTA yang diambil merupakan KTA terbaik, misalnya memiliki bunga yang tidak terlalu tinggi dan kepengurusan yang cepat.

3. Kerja Sambilan

Kini banyak perusahaan yang mencari tenaga kerja secara freelance dan mengizinkan mereka bekerja di luar kantor. Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang guna membayar biaya pendidikan Anda.

Pekerjaan freelance misalnya menjadi tenaga pengajar tempat kursus, penulis blog, sales otomotif, penerjemah bahasa, guide wisata atau pun barista di café. Selain menambah uang, Anda juga bisa mendapat banyak teman baru.

4. Jualan Online

Jangan pernah sepele dengan jualan secara online. Banyak orang yang sukses setelah berjualan secara online. Kondisi Jakarta yang macet menyebabkan orang lebih suka berbelanja secara online dibanding langsung ke pasar.

Berjualan secara online tidak akan menyita waktu Anda, selain itu keuntungannya juga lumayan.

Baca juga: Mau Makan Enak Sambil Berhemat Rp2.3 Juta Pertahun?

5. Sekolah dengan Ikatan Dinas

Ada sekolah-sekolah tertentu yang memberikan pendidikan gratis kepada mahasiswanya dengan kontrak ikatan dinas. Nah, kenapa Anda tidak mencoba jalur ini. Selain uang kuliah akan ditanggung, dijamin Anda bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah selesai sekolah nanti.

Pepatah menyatakan tuntutlah ilmu hingga ke negeri seberang, Ini jadi penyemangat Anda yang kebetulan ingin melanjutkan sekolah. Percaya atau tidak bila Anda bersemangat, biaya tidak akan jadi masalah yang berarti!

Kalau kamu masih membutuhkan modal untuk usaha kamu, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, klik di sini!

Berita ini pertama kali dipublikasikan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links