View Single Post
Old 17th September 2015, 08:26 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tembus Rp14.500, Rupiah Sangat Memprihatinkan

Quote:
JAKARTA - Nilai tukar Rupiah yang sempat menembus angka Rp14.500 per USD disebut sudah memprihatinkan. Pasalnya, angka itu merupakan Ini merupakan level tertinggi dalam 52 minggu atau setahun terakhir.

Ekonom BCA David Sumual memyatakan, banyak perusahaan sebenarnya sudah bertindak untuk menghadapi pelemahan Rupiah yang semakin dalam. Salah satunya melalui lindung nilai (hedging) agar tidak terkena dampak terhadap utang luar negerinya.

"Sebenarnya perusahaan sudah tidak perlu dikhawatirkan karena mereka sudah antisipasi lebih dulu," kata David saat dihubungi Okezone di Jakarta.

Akan tetapi, David tidak menampik pelemahan Rupiah menyebabkan kondisi krisis bagi beberapa sektor. Khususnya sektor usaha yang masih tergantung dengan dolar AS.

"Untuk beberapa sektor kita ada yang krisis. Tapi yang lain masih bisa jalan," jelas dia.

Jika dibandingkan dengan pelemahan 2008 lalu, David mengaku cukup berbeda karena sebelumnya Rupiah melemah cukup dalam selama tiga bulan. Akan tetapi, pelemahan nilai tukar Rupiah saat ini yang menembus level Rp14.500 disebut sudah mengkhawatirkan.

"Tapi sebenarnya sudah mengkhawatirkan. Dengan nilai tukar Rupiah kayak gini, kita hanya bisa bergantung dari seberapa besar upaya mendulang investasi," tandas dia.

Sekedar informasi, menurut data Yahoofinance, Rupiah sempat menyentuh level tertinggi di Rp14.542,5 per USD. Ini merupakan level tertinggi dalam 52 minggu atau setahun terakhir.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links