View Single Post
Old 19th September 2015, 11:02 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Boros Akibat Dimodusi Teman, Begini Cara Antisipasinya

Quote:
SAYA memiliki teman yang memiliki kelakuan kurang terpuji. Misalnya, saat makan siang bareng, dia sering beralasan dompetnya ketinggalan. Kejadian ini tidak sekali dua kali terjadi. Alhasil, dia sering membuat anggaran saya membengkak. Dan saya pun tidak enak untuk menolak permintaan dia membayari makan, karena kami memang berteman sangat dekat.

Apakah saya layak menganggarkan secara khusus dana untuk membayari makanan teman?

Terima kasih.

Siera



Jawab :

Hai Siera,

Memiliki teman yang punya kelakuan ‘modus’ seperti itu terkadang menjadi dilema tersendiri. Di satu sisi kita sudah sangat dekat dan akrab dengan dia, namun disisi lain sifatnya yang selalu minta dibayarin makan apalagi kalau menggunakan trik – trik seperti itu tentunya akan merepotkan kita juga.

Saya yakin Siera sudah memiliki anggaran dan alokasi dana tersendiri untuk kebutuhan makan anda. Dan saya juga yakin bahwa bagaimana caranya, anda akan berusaha agar anggaran tersebut mencukupi hingga waktunya anda menerima penghasilan lagi.

Hal tersebut belum ditambah lagi dengan anggaran-anggaran untuk kebutuhan anda lainnya, yang pastinya sudah anda perhitungkan dengan cermat. Dari sekian banyak anggaran tersebut, kemungkinan juga ada anggaran untuk anda bersenang-senang sebagai penghilang stres.

Nah, bila teman Anda memang memiliki kebiasaan ‘nodong’ untuk ditraktir dan lama kelamaan anda mulai jengah, pilihannya ada dua: Pertama, adalah bicaralah terbuka dengan kawan tersebut, atau bisa juga dengan sindiran-sindiran, bahwa seharusnya dia tidak terus menerus melakukan trik untuk minta ditraktir.

Bisa saja Anda katakan padanya bahwa budget anda untuk makan sendiri saja sebenarnya sudah mepet, jadi apabila masih harus sering-sering mentraktir tentu akan merepotkan juga karena akan mengganggu anggaran belanja lainnya. Pilihan kedua adalah bila ternyata anda merasa tidak tega untuk mengatakan hal tersebut atas nama perkawanan, ya berarti memang anda harus membuat anggaran tersendiri untuk mengatasi hal tersebut.

Bila memang pilihan kedua yang akan anda ambil, saran saya adalah gunakan dari budget Anda bersenang-senang yang jumlahnya sekitar 10 persen dari penghasilan. Hal ini masih dapat Anda lakukan, seandainya memang masih memungkinkan budget tersebut disediakan. Bila ternyata budget untuk mentraktir itu tidak memungkinkan diadakan dan efeknya justru merusak tatanan anggaran Anda yang lainnya, saya rasa sudah saatnya Anda bersikap lebih tegas pada kawan Anda untuk menolak permintaannya.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)

PT. Mitra Rencana Edukasi

Perencanaan Keuangan , Konsultasi Keuangan , Financial Planner

Website. www.mre.co.id, Portal/Artikel. Perencanaan Keuangan

Game Edukasi Perencanaan Keuangan. SMART Money Game
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi

Berita Terkini Konsultasi Personal Finance MRE - Kumpulan Berita Konsultasi Personal Finance MRE Terbaru Hari Ini

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links