View Single Post
Old 20th September 2015, 09:31 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mau Kurban Sapi Tak Punya Uang? Patungan Solusinya

Quote:
JAKARTA - Menyembelih hewan atau berkurban menjadi hal rutin yang terjadi tiap tahunnya pada saat Hari Raya Idul Adha. Menjelang Idul Adha, mungkin sebagian orang kaget dan tidak menyiapkan karena beberapa ada faktor yang membuat mereka terhambat.
Untuk merealisasikannya, harus ada tabungan khusus untuk berkurban dan harus ada manfaat hukumnya. Jika mempunyai uang wajib beli hewan kurban, dan harus ada alokasi budgetnya.

Menurut Perencana Keuangan Ahmad Gozali, jika seseorang memiliki kekurangan budget untul berkurban, maka dia bisa melakukannya dengan patungan. Misalnya, kurban sapi patungan dengan cara ditanggung bersama tujuh orang, boleh terdiri dari keluarga sendiri.

"Bisa patungan dengan teman satu kantor, teman di masjid atau tetangga per tujuh orang satu ekor sapi. Dikoordinir, secara hitung-hitungan tidak berbeda, kalau tidak sampai tujuh orang ya beli kambing dengan harga sekira Rp2,5 juta per ekor kambing," ujar Gozali, saat dihubungi Okezone, Sabtu (12/9/2015).

Dia mengatakan, berkurban dengan cara patungan seperti ini hukumnya sah selama hewan yang dikurbankan adalah seekor sapi, dan anggota yang berpatungan tidak lebih dari tujuh orang. Selain itu, berkurban juga melibatkan anak-anak untuk mempelajari berkurban secara rutin.

"Selain patungan, berkurban juga dapat dilakukan dengan menabung secara bersama-sama dalam satu keluarga. Misalnya membuat satu celengan selama setahun, satu keluarga satu kambing," ucapnya.

Dia mengatakan, satu kepala keluarga satu kambing sudah bisa cukup untuk berkurban, karena anak-anak tidak wajib dan tidak kena hukum. Namun, untuk proses pembelajaran dilibatkan, anak juga melibatkan untuk memilih kambing, harganya berapa, dan bagaimana cara membagikannya.

"Esensinya kita melepaskan ikatan duniawi yang berlebihan. Untuk memilih hewan kurban, cari yang paling enak dilihat, gagah, dan paling gemuk, walaupun ujung-ujungnya dikasih ke orang lain," ungkapnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links