View Single Post
Old 21st September 2015, 08:41 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Wayang yang Dibanderol Rp75 Juta

Quote:
JAKARTA - Anda familier dengan seni wayang? Seni ini kini sudah mulai termakan zaman dan mulai pudar. Meski demikian, masih ada beberapa orang yang masih mengabadikan seni wayang ini.
Adalah Seniman Pekalongan, Dudung Alisah Bana, salah seorang yang masih membuat wayang. Bahkan, dia membuat wayang setinggi 3 meter yang dibanderol dengan harga Rp75 Juta. Wayang tersebut, adalah wayang gunungan, wayang beber yang konteks dalam model gunungan.

"Itu dikerjakan tiga orang, setiap orang mengerjakan bagiannya kurang lebih masing-masing tiga bulan, jadi sekitar sembilan bulan jadinya. Yang ngelukisnya bertiga, saya konsep dan kemudian saya punya asisten yang mengerjakan itu," ujar Dudung kepada Okezone.

Dudung menjelaskan wayang besar ini memiliki tema Tentang Bima Suci. Dia mengambil cerita ini dari kisah Mahabarata dan Ramayana. Dia berharap, dengan adanya wayang ini, masih dapat melestarikan budaya Indonesia.

"Jadi memang saya ingin industri kteratif itu terinpirasi oleh batik, artinya batik itu, bisa melampaui dimensinya sendiri. Artinya memberikan inspirasi kepada dunia kreatif kepada produk ekonomi kreatif, lewan wayang ini," tuturnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links