View Single Post
Old 22nd September 2015, 09:40 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Intervensi Rupiah, Cadangan devisa Turun ke USD103 Miliar

Quote:
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengakui, cadangan devisa nasional menurun menjadi USD103 miliar per hari ini dari total cadangan devisa di bulan Agustus yang berjumlah USD105,6 miliar.

Agus menegaskan, angka Cadangan devisa per hari ini masih belum menjadi angka fix yang bisa dipegang sebagai laporan Bank Indonesia di bulan September 2015.

"Nggak, maksudnya itu kan hanya penjelasan dan angkanya masih dinamis. Jadi belum bisa, itu kan masih bisa naik turun. Jadi belum angka resmi," kata Agus di Ruang Rapat Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Agus mengatakan, saat ini cadangan devisa yang masih menjadi pegangan BI masih berada di level USD105,6 miliar atau cadangan devisa yang ada sampai Agustus 2015.

"Kalau kamu tanya tentang cadangan devisa, itu (USD103 miliar) belum angka yang fixed karena masih dinamis, tapi angka yang resmi adalah USD105.6 miliar yah, itu akhir Agustus," tambahnya.

Selain itu, kata Agus, ungkapan cadangan devisa USD103 miliar juga merupakan laporan terbatas yang dilaporkan Bank Indonesia kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Saya pikir itu nggak jadi satu statement resmi, itu statemenet terbatas di dalam forum ini yah karena masih akan ada dinamikanya kan. Masih ada penerimaan ekspor, masih akan ada pembayaran utang, masih akan ada lain-lain," ungkapnya.

Menurut Agus, saat ini cadangan devisa Indonesia masih terus bergerak lantaran masih banyak swasta yang membayarkan utang dalam valas.

"Artinya karena utang swasta jatuh waktunya lebih pendek daripada utang pemerintah. Jadi kalau ditanya tentang jatuh waktu pinjaman, sepanjang Kuartal III ini cukup banyak juga yang jatuh waktu, tapi swasta yah, bukan pemerintah," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links