View Single Post
Old 22nd September 2015, 09:47 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Alfamart Suplai Produk ke Warung Kelontong

Quote:
JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) berencana mengembangkan kemitraan dengan pelaku UMKM melalui kerjasama Toko Mitra Alfamart (TMA). Toko ini bertujuan membantu pelaku UMKM agar dapat memiliki bisnis ritel dengan pengelolaan modern, melalui sistem kemitraan dengan modal investasi yang lebih terjangkau.
Corporate Communication GM Sumber Alfaria Trijaya, Nur Rachman, mengatakan mulai menawarkan para UMKM untuk mengubah format warung tradisional menjadi lebih modern. Sehingga, warung-warung yang di rumah atau yang biasa disebut toko kelontong bisa diubah seperti mini market yang lebih modern.

"Konsepnya mengadopsi dari franchise, tapi untuk skala UMKM-nya mereka bisa terjangkau dari sisi permodalannya. Jadi, kita buat format khusus yang disebut TMA, nanti kita kasih rak," ujar Nur, saat berkunjung ke Redaksi Okezone, Kebon Sirih, Jakarta.

Menurutnya, warung tersebut bisa mengambil barang dari Alfamart dan bisa juga membeli dari tempat lain termasuk dari agen-agen. Pihaknya pun akan mengajari cara memasukan barang yang diinput ke komputer. "Seperti apa nanti kita ajarin, sehingga mereka tidak manual lagi," ucapnya.

"Jadi, semua warung tradisional bisa mengupgrade warungnya dengan TMA dengan harga yang terjangkau. Kalau bicara syaratnya, kita akan melakukan survei jika ada yang mau buka warung," tambah dia.

Karenanya, perusahaan akan melakukan survei dan membuat studi kelayakan atas lokasi yang diajukan. Nantinya, tim survei dari Alfamart akan memantau apakah layak warung tersebut untuk dijadikan TMA.

"Kalau layak nanti di-follow up, kita akan membuat proposal berikut Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk mengetahui berapa investasi yang dibutuhkan," tuturnya.

Setelah proposal dan RAB disetujui pihak UMKM, perusahaan akan mengubah penampilan tokonya dengan format seperti minimarket termasuk display barang dan sistem komputerisasinya menggunakan software Point of Sales untuk kasir di toko.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links