View Single Post
Old 22nd September 2015, 09:40 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Sumatera Barat Bangun Pembangkit Listrik 21 MW

Padang - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkapasitas 21 Mega Watt (MW) sebagai bagian dari target pembangunan pembangkit 35.000 MW hingga tahun 2019.

"Pembangkit ini akan dibangun oleh pihak swasta dalam skema Independent Power Producer (IPP). Tepatnya di Jorong Air Putih Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota," kata Kepala Dinas ESDM Sumbar, Marzuki Mahdi di Padang, Senin (21/9).

Ia menambahkan, program IPP merupakan salah satu skema pengadaan pembangkit listrik di Indonesia yang diadakan pihak swasta.

Hal ini diperbolehkan sesuai amanah Undag-undang Nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, dimana pengadaan pembangkit tenaga listrik bisa dilakukan pihak swasta.

Kemudian listrik yang dihasilkan dari pembangkit swasta ini nantinya akan dijual kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Saat ini prosesnya sudah memasuki tahap penyelesaian persyaratan IPP di Kementerian ESDM, jika sudah selesai urusan lainnya akan diselesaikan di daerah," katanya.

Koordinasi dengan pemerintah provinsi akan dilakukan setelah ground breaking, pemerintah daerah akan diberitahu setelahnya Ia menyebutkan, selain Sumbar, terdapat 15 proyek IPP melalui skema penunjukan langsung lainnya yang masuk dalam pengembangan pembangkit 35.000 MW.

Proyek lainnya ada di Kalimantan, Sulawesi dan Jawa dengan total kapasitas melalui penunjukan langsung sebesar 4.648 MW.

Pengadaan pembangkit listrik swasta melalui skema penunjukan langsung ini diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 3 tahun 2015 tentang Prosedur Pembelian Tenaga Listrik dan Harga Patokan Pembelian Tenaga Listrik dari PLTU Mulut Tambang, PLTU Batubara, PLTG/PLTMG dan PLTA oleh PLN melalui Penunjukan Langsung dan Pemilihan Langsung.














http://www.beritasatu.com/nusantara/...rik-21-mw.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links