View Single Post
Old 26th September 2015, 09:13 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Penghematan Pertamina Lampaui Target USD54 Juta

Quote:
JAKARTA - Meskipun harga minyak dunia menurun dan Rupiah semakin terpuruk. Namun, Pertamina mengaku belum rugi karena berhasil melakukan penghematan untuk periode Januari hingga Agustus 2015 sebesar USD369,52 juta. Adapun capaian penghematan, mendekati target efisiensi tahun ini mencapai USD500,42 juta.

"Saat ini, realisasinya USD369,52 juta atau lebih tinggi sekitar USD54 juta," jelas Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Wianda meyakini, dalam 100 hari ke depan, Pertamina akan dapat mencapai seluruh target efisiensi yang mencapai USD500,42 juta. "Jadi kita harapkan seratus hari ke depan mencapai kekurangannya mencapai USD130,9 juta," kata Wianda.

Menurut Wianda, dalam kurun sembilan bulan terakhir terdapat sejumlah efisiensi yang telah dilakukan Pertamina. Salah satunya, Pertamina tetap melakukan ekspansi di sektor hulu, hal ini dilakukan untuk mempertahankan produksi. Kedua, efisiensi di level operasional. Ketiga, efisiensi dari kilang agar harga semakin kompetitif.

"Lalu mengembangkan infrastruktur khususnya di bidang hilir," sebutnya.

Selain itu, efisiensi lainnya yang dilakukan Pertamina adalah dalam tata kelola keuangan, sebagai salah satu sumber memitigasi situasi moneter di dalam negeri dan kondisi eksternal. Pada intinya, Pertamina akan mengupayakan efisiensi pada sentralisasi procurement dengan mengubah mekanisme pengadaan barang menjadi satu pintu.

"Kalau dulu lewat masing-masing unit bisnis. Dan kadang barang antar unit hampir sama. Dari sana penghematan sekitar USD90 juta dolar," terang dia.

Sementara itu, lanjut Wianda menjelaskan, Pertamina juga melakukan efisiensi dalam pengadaan crude atau minyak mentah dan produk dengan mencari harga yang lebih kompetitif. "Penghematannya mencapai USD110 juta," tandasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links