View Single Post
Old 27th September 2015, 09:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lewat Perhitungan Pertamina, BBM Diyakini Tak Turun Harga

Quote:
JAKARTA - Meskipun harga minyak dunia terus turun, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) belum juga mengalami penyesuaian harga. Pertamina berdalih masih melakukan penghitungan karena sempat merugi akibat menjual Premium di bawah harga keekonomian.
Direktur Executive Energy Watch, Mamit Setiawan, menilai harga BBM tidak akan turun. Pasalnya, dalam penentuan harga BBM Pertamina masih memakai perhitungan rata-rata Harga Indeks Pasar (HIP) produk BBM atau MOPS (Mean of Plats Singapore) satu bulan. Pada Agustus ini, MOPS masih berkisar USD65,31 per barel.

"Terkahir MOPS-nya USD65 per barel, kalau pun turun MOPS mereka di angka USD60 per barel lah," ungkapnya kepada Okezone.

Mamit mengatakan, dengan perhitungan MOPS USD55 per barel dan nilai tukar Rupiah Rp14.000 per USD, harga Premium di Jawa, Madura dan Bali (Jamali) masih berkisar Rp7.450 per liter. "Jadi mungkin pertamina belum akan menurunkan harga," ucapnya.

Sekadar informasi, Permen ESDM Nomor 4 Tahun 2015, Pemerintah melakukan evaluasi harga BBM yang didasarkan pada perkembangan harga patokan HIP/MOPS dengan periode satu bulan, tiga bulan, empat bulan, dan enam bulan. Tujuannya untuk menjaga kestabilan sosial ekonomi, pengolaaan harga dan logistik, serta untuk menjamin penyediaan BBM nasional.

Adapun harga Premium hingga Agustus, dengan MOPS USD65,31 per barel dan kurs rata-rata Rp 13.562 per USD, harga Premium seharusnya Rp7.700 per liter untuk non-Jamali. Namun Pertamina menjual dengan harga Rp7.300 per liter.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links