View Single Post
Old 27th September 2015, 09:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Blok Masela Jadi Medan Tempur Pengusaha Pipa & LNG Terapung

Quote:
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membangun fasilitas atau infrastruktur di Blok Masela, Maluku. Saat ini, ada dua pilihan yang bisa dikerjakan oleh pemerintah, yaitu pipanisasi dan fasilitas pengolahan LNG terapung (Floating LNG/FLNG).


Direktur Energy Watch, Ferdinand Hutahaean, mengatakan bahwa pemerintah harus mengkaji benar-benar sebelum memutuskan infrastruktur apa yang akan dibangun pada Blok Masela.

"Kepentingan bisnis dalam proyek ini sangat besar antara pemain di bidang pipa dengan pemain bisnis yang bermain di terminal LNG terapung," kata Ferdinand kepada Okezone, Jakarta.

Menurut Ferdinand, tidak dapat dipungkiri lagi, proyek pembangunan infrastruktur di Blok Masela dipenuhi syarat kepentingan dari para pelaku usaha di Indonesia. Terlebih, pembangunan infrastruktur ini menjadi proyek besar di Indonesia.

"Karena tidak dapat dipungkiri hal-hal yang menentukan kebijakan dari para pejabat sering tertunggangi kepentingan bisnis yang kolaborasi dengan penguasa. Terlebih ini bisnis raksasa," tambahnya.

Dia melanjutkan, pembangunan pipanisasi lebih efisien dibandingkan dengan LNG terapung. Akan tetapi, pemerintah harus betul-betul mengkaji dengan hasil yang akurat sebelum memutuskan antara pipanisasi atau LNG terapung.

"Bicara jangka panjang memang lebih efektif dan lebih efisien menggunakan pipanisasi daripada membangun terminal terapung. Nah memang kalau bicara waktu penyelesaian lebih cepat membangun LNG Terapung. Yang penting dikaji secara benar," tandasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links