View Single Post
Old 28th September 2015, 10:11 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pasar Valas Ringkih, Rupiah Sangat Mudah Dimainkan Spekulan

Quote:
JAKARTA - Cobaan kembali menerpa pasar valuta asing (valas) Indonesia. Dalam kurun waktu dua hari, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melemah. Tercatat minggu ini nilai tukar rupiah sentuh level Rp14.800 per USD.

Kepada Okezone, pengamat ekonomi politik dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Kusfiardi menjelaskan, nilai tukar rupiah gampang goyah lantaran struktur belanja masih dipengaruhi mata uang asing, terutama dolar AS. Ditambah lagi, Indonesia juga dibanjiri 'hot money'. Ketika investor membawa uang tersebut ke negara lain, Indonesia akan mengalami capital outflow (arus dana keluar) dan membuat rupiah melemah.

Dia menilai, penyebab melemahnya nilai tukar sangat kompleks. Namun ada dua kebijakan yang menjadi biang keladi persoalan ringkihnya nilai tukar rupiah. Rezim devisa bebas dan nilai tukar bebas mengambang dinilai menjadi biang kerok lemahnya rupiah.

"Dua policy ini yang menjadi akar masalah, sehingga persoalannya merembet menjadi persoalan lain, baik moneter, ekonomi," papar Kusfiardi.

Lebih dalam dia menjelaskan, rezim devisa bebas yang mengizinkan keluar masuknya uang dengan bebas menjadi peluang besar spekulan mengobrak-abrik nilai tukar rupiah.

Yang dimaksud rezim devisa bebas adalah aturan yang memperbolehkan seseorang membawa ke luar dan masuk valuta asing ke luar dan masuk Indonesia dalam jumlah berapa pun. Jika rezim devisa bebas ini tetap dipertahankan maka orang akan dengan mudah melarikan dolar ke luar negeri dan hal tersebut akan membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak stabil.

Apalagi, lanjutnya, kalau spekulan bisa mencari waktu pas untuk melemahkan rupiah. Misal, waktu pemerintah harus belanja impor dan waktu jatuh tempo pembayaran utang luar negeri swasta.

"Bisa jadi mainan spekulan, bayangkan kalau spekulan ini bisa mendapatkan timing ini, itu kan secarta kumulatif tinggal numpang saja di situ, itu jadi ajang mereka buat rupiah melorot," tambahnya.

Di sisi lain, kebijakan nilai tukar bebas mengambang juga membuat rupiah mudah kalah. Dengan kebijakan ini, nilai tukar rupiah bisa dipengaruhi oleh jual-beli valas. Ketika banyak yang membeli rupiah, nilai tukar akan menguat, dan sebaliknya.

Untuk itu, tidak ada pilihan lain bagi pemerintah. Menurut dia, pemerintah harus mencari jalan untuk melawan kondisi global yang masih tidak stabil.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links