View Single Post
Old 3rd October 2015, 12:18 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Enam Tipe Orang yang Tak Cocok Gunakan Kartu Kredit!

Quote:
JIKA kondisi keuangan kamu tidak bermasalah, maka kamu memang layak memiliki kartu kredit. Kamu pasti bisa mengontrol penggunaannya dengan baik dan bertanggung jawab membayar semua tagihan.

Kartu kredit memang bukan kartu yang bisa dipakai sesukanya. Jangan sampai kamu cuma bisa menggunakannya tetapi sulit membayar tagihan. Bisa-bisa hutangmu akan menumpuk karena kartu kredit menerapkan bunga progresif.

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat kartu kredit, maka pastikan kamu tidak termasuk enam tipe orang yang tidak cocok gunakan kartu kredit, seperti dibawah ini:

1. Penghasilan di Bawah Rp3 juta

Jika penghasilan kamu di bawah Rp3 juta tiap bulannya, jangan coba-coba untuk mengajukan pembuatan kartu kredit ya lantaran batas minimal kepemilikan kartu kredit adalah Rp3 juta.

Hal itu berdasarkan ketentuan baru dari Bank Indonesia (BI). Penetapan batas minimal penghasilan tersebut juga telah berdasarkan kalkulasi kebutuhan layak manusia di Indonesia tiap bulannya.

Patokan upah mimimum regional (UMR) di Jakarta saja Rp2,7 juta per bulan pada tahun ini. Jadi, kalau syarat penghasilan untuk pembuatan kartu kredit di bawah Rp3 juta dikhawatirkan malah akan mengalami kredit macet.

2. Boros

Kalau kamu suka membeli barang secara berlebihan karena lapar mata, padahal tidak membutuhkannya, sebaiknya jangan memiliki kartu kredit karena akan membuatmu makin boros.

Apalagi, kartu kredit banyak menawarkan diskon, promo, cashback di sejumlah merchant. Hal itu bisa membuat kamu makin tidak terkontrol menggunakan kartu utang. Ingat ya, kartu kredit itu kartu pembayaran, di mana kamu wajib membayarnya. Kalau utang kamu saja belum lunas, lalu kamu menambahnya dengan utang baru maka kamu akan mengalami masalah finansial.

3. Suka Gaya Hidup Mewah

Selain boros, suka gaya hidup mewah tapi tidak diimbangi dengan penghasilan yang cukup juga akan membuat kamu sebenarnya tidak layak memiliki kartu kredit.

Misalnya, kamu ingin gadget terbaru tapi uang belum ada, maka besar kemungkinan kamu akan tergoda mengunakan kartu kredit. Ketika tagihan datang, barulah kamu kebingungan karena penghasilan kamu tidak cukup untuk menutupi semua utangmu.

Baca juga: 4 Cara Kuliah di Luar Negeri Yang Harus Kamu Pahami!

4. Punya Catatan Hitam Kredit

Hal lain yang mungkin akan membuatmu tidak cocok menggunakan kartu kredit adalah memiliki catatan hitam kredit sebelumnya. Jika bank penerbit mengetahui riwayat kredit kamu buruk di BI checking maka mereka secara otomatis apply kartu kreditmu bakal langsung ditolak.

Tetapi perlu diketahui juga kalau kreditor juga akan lebih hati-hati jika kamu tidak memiliki catatan sebagai debitor lantaran mereka akan kesulitan untuk memprediksi bagaimana kebiasaan kamu dalam membayar tagihan.

5. Senang Ambil Tunai

Kamu juga masuk kriteria tidak cocok memakai kartu kredit karena memiliki kebiasaan mengambil uang tunai dengan kartu kredit.

Yang pasti kartu kredit tidak sama dengan kartu debit. Kalau mengambil uang tunai dengan kartu debit atau kartu ATM tidak akan dikenakan biaya lantaran kamu mengambil uang dari tabunganmu.

Namun jika kartu kredit, uang tunai yang kamu ambil adalah utangan dari bank, sehingga selain kamu akan dikenakan biaya yang tinggi sekitar 4 persen, juga ada beban untuk melunasinya.

Baca juga: 6 Gedung Resepsi di Jakarta Dengan Harga dibawah 10 Juta!

6. Tak Disiplin

Kamu tidak disiplin? Maka kamu mungkin tidak cocok untuk menggunakan kartu kredit. Masalahnya kalau kamu tak bisa disiplin membayar utang tiap bulan atau sering telat menunaikan kewajibanmu ke bank, maka siap-siap saja dengan dendanya.

Berita ini pertama kali dipublikasikan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links