View Single Post
Old 3rd October 2015, 10:23 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Garut Bangun Kawasan Wisata Batik

Bandung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut bersama pengelola Hotel Green Kamojang, segera membangun kawasan wisata batik Garutan di Kamojang, Kecamatan Samarang, sebagai upaya melestarikan batik dan menjadikan daya tarik wisata kota Garut.

"Sekarang sedang dibuat, dalam tahapan pembangun untuk kegiatan batik di Kamojang," kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, Jumat (2/10).

Ia menuturkan, kawasan wisata batik di Kamojang itu berdiri di lahan seluas satu hektare. Segala akivitas pembatik, kata dia, akan dipusatkan di daerah tersebut, kemudian dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sana. "Kegiatan batik nanti disana, ada sentranya," katanya.

Menurut dia, Garut memiliki batik khas yang pembatiknya masih tersebar dibeberapa tempat atau belum dipusatkan seperti daerah Pekalongan, Jawa Tengah yang memiliki sentra batik.

Terkait kepeduliaan pemerintah terhadap hari batik se-dunia dengan menggelar berbagai kegiatan, kata Rudy, pihaknya tidak melakukan pada hari batiknya yakni 2 Oktober melainkan digelar di hari lain.

"Untuk perayaan di hari batik, tidak di hari batiknya, tapi di hari lain," kata Rudy.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Garut akan berupaya mengembangkan batik khas Garut, kemudian menjadikan Garut sebagai wisata batik.

Upaya lain, lanjut dia, Pemerintah Garut telah mengumpulkan batik-batik yang menjadi ciri khas Garut untuk dibawa ke Jepang dalam rangka penerimaan bantuan.

"Kita akan kumplin batik-batik untuk dibawa ke Jepang dalam acara ekpose penerimaan bantuan, batik itu dijadikan hadiah dari kami," katanya.













http://www.beritasatu.com/food-trave...ata-batik.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links