View Single Post
Old 4th October 2015, 04:11 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Hadapi musim hujan, Pemkot Bandung siapkan 222 sumur resapan

Merdeka.com - Musim penghujan sudah mulai menghinggapi Kota Bandung beberapa waktu ke belakang. Banjir Cileuncang tak jarang terjadi di beberapa titik kota.

Untuk mengatasinya, sedikitnya 222 sumur resapan akan dibuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

"222 Sumur resapan akan dibuat di tempat yang biasa banjir Cileuncang," kata Sekretaris Dinas Bina Marga Pengairan (DBMP) Kota Bandung, Didi Ruswandi, di Balai Kota, Sabtu (3/10).

Pembuatan sumur resapan akan dimulai November 2015 mendatang. Sumur resapan dengan diameter 60 sentimeter dan ke dalaman empat meter ini disebutkan dia akan menyerap air berlebih ketika hujan deras datang.

Adapun titik yang difokuskan pemasangan sumur resapan ini adalah Pagarsih, Gedebage, Pasteur, Surapati, Cinambo, Panyileukan dan beberapa ruas lain.

Untuk membuat sumur resapan DBMP Kota Bandung menyiapkan dana Rp 900 juta. Sumbernya berasal dari APBD 2015. "Ini memang dari APBD langsung dengan cara menunjuk langsung. Pembuatan baru dibuat sekarang karena dulu belum berpengalaman," jelasnya.

"Dulu buat satu sumur resapan saja bisa empat hari sampai satu minggu. Kalau sekarang sudah ada alatnya, jadi akan cepat," terangnya menambahkan.

Selain sumur resapan, tim pengeruk sungai juga sudah disiapkan. Mulai pekan depan tim pengeruk yang dinamakan 'Tim Katak' akan mulai bekerja. Penambahan Tim Katak juga dilakukan dari semula sembilan menjadi 13 tim. Setiap bekerja Tim Katak ini bisa menghasilkan 32 kubik sampah dari satu sungainya.













http://www.merdeka.com/peristiwa/had...r-resapan.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links