View Single Post
Old 5th October 2015, 12:34 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default DPRD Kendari Dukung Pemkot Kembangkan PLTAL

Kendari - DPRD Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) setempat untuk mengembangkan energi terbarukan yakni pembangkit listrik tenaga air laut (PLTAL).

"Pengembangan PLTAL adalah salah satu terobosan untuk menjawab permasalahan kelistrikan di daerah ini. Sehingga secara pribadi dan kelembagaan sangat mendukung terobosan itu," kata Ketua DPRD Kendari, Abdul Rasak, di Kendari, Minggu (4/10).

Ia mengatakan, memanfaatkan arus laut Teluk Kendari yang rencananya akan dijadikan PLTAL adalah upaya pemanfaatan sumber daya alam secara maksimal.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Asrun, mengaku, ingin mengembangkan energi terbarukan di Teluk Kendari yang dianggap paling cocok untuk dikembangkan pembangkit listrik tenaga air laut.

Menurut Asrun, posisi Teluk Kendari dengan mulut teluk yang sempit sangat strategis untuk mengembangkan energi terbarukan itu sebagai salah satu upaya mengatasi krisis kelistrikan yang ada di daerah.

"Prinsip yang dikembangkan pada aplikasi teknologi pemanfaatan energi arus laut adalah melalui konversi tenaga kinetik masa air laut menjadi tenaga listrik.

Dia menyebutkan, beberapa negara telah berhasil melakukan instalasi pembangkit energi listrik dengan memanfaatkan energi arus dan pasang surut, mulai dari prototype turbin pembangkit hingga mencapai turbin skala komersial, seperti yang telah dibangun di Skotlandia, Swedia, Prancis, Norwegia, Inggris, Irlandia Utara, Australia, Italia, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Asrun juga menantang para investor pembangkit listrik yang ingin mengembangkan PLTAL di Teluk Kendari, pemerintah siap memberikan kemudahan berinvestasi.

"Kami siap bekerja sama kepada pihak yang ingin berinvestasi terkait pembangkit listrik energi baru terbarukan itu," katanya.

Dia menjelaskan, keuntungan penggunaan energi arus laut adalah selain ramah lingkungan, energi ini juga mempunyai intensitas energi kinetik yang besar dibandingkan dengan energi terbarukan yang lain.

"Ini sejalan dengan konsep membangun di kota ini yang selalu mengarah pada ramah lingkungan yang tertuang dalam konsep Kendari green city," katanya.

Keuntungan lain pembangkit listrik tenaga arus laut kata Asrun adalah tidak perlu perancangan struktur yang kekuatannya berlebihan seperti turbin angin yang dirancang dengan memperhitungkan adanya angin topan karena kondisi fisik pada kedalaman tertentu cenderung tenang dan dapat diperkirakan.













http://www.beritasatu.com/nusantara/...kan-pltal.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links