View Single Post
Old 6th October 2015, 09:36 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Enam Kesalahan Penyebab Usahamu Gagal

Quote:
MEMULAI usaha baru hampir sama dengan kondisi saat kamu baru masuk sekolah. Kamu tidak tahu apa-apa dan harus banyak belajar supaya bisa lulus.

Karena masih belajar ini tak heran banyak kesalahan yang sering kamu lakukan. Padahal kesalahan-kesalahan tadi seringkali menjadi memicu kegagalan dalam menjalankan usaha barumu.

Karena itu, bagi kamu yang akan membuka usaha baru, ada baiknya menghindari enam kesalahan di bawah ini untuk usaha barumu tidak gagal.

1. Salah Memilih Jenis Usaha

Kesalahan paling utama yang sering terjadi adalah saat kamu salah memilih jenis usaha. Misalnya kamu berbakat membuka usaha kuliner, ternyata kamu lebih memilih membuka usaha garmen padahal tidak begitu tahu soal garmen dan pangsa pasarnya. Kalau sudah begitu maka siap-siaplah untuk mengalami kegagalan.

Seringkali orang memilih jenis usaha karena ikutan tren atau asal-asalan. Ini bukan contoh yang baik. Pilihlah usaha yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.

Kalau pun belakangan kamu baru sadar telah melakukan kesalahan memilih jenis usaha, maka segeralah mempelajari usaha pilihanmu itu dengan sungguh-sungguh. Ini jadi cara paling ampuh untuk menghindari kegagalan setelah salah memilih.

2. Tidak Bisa Mengatur Keuangan

Kalau kamu memutuskan untuk membuka usaha baru, keuangan atau modal usaha adalah hal yang penting sekaligus mengkhawatirkan.

Kenapa mengkhawatirkan? Soalnya, pada tahap awal kamu membuka usaha, pasti dibutuhkan modal yang cukup besar, misalnya untuk tempat, produk, promosi dan lain sebagainya.

Kalau untuk awal saja kamu sudah berantakan mengelola keuangan hingga modal membengkak dari budget, ini sinyal bahwa manajemen keuangan kamu buruk.

Untuk menghindari masalah ini kelolalah keuangan usahamu dengan baik dan pakai skala prioritas. Buat catatan untuk setiap pengeluaran dan pemasukan dan jangan hamburkan uang modal usaha untuk hal tidak perlu.

Baca juga: Hemat Anggaran Belanja Bulanan Kamu Dengan 4 Kartu Kredit Ini!

3. Tidak Memiliki Visi dan Misi

Visi dan misi dalam membuka usaha juga tidak boleh dilupakan. Jika kamu tidak memiliki visi dan misi jangka pendek maupun panjang yang jelas maka kamu akan cepat sampai pada kegagalan.

Kamu harus punya target untuk mendapatkan keuntungan dan juga strategi yang akan kamu lakukan. Kalau kamu sendiri saja sudah bingung dengan visi dan misi usaha, tentunya akan lama bagi kamu mencapai keberhasilan.

Baca juga: 3 Kartu Kredit Terbaik Untuk Belanja Elektronik Hemat!

4. Kurang Percaya Diri

Kesalahan lain yang biasanya dilakukan adalah kurang percaya diri dalam menjalankan usaha baru. Kamu terlalu khawatir apakah produkmu bakal disukai orang atau tidak, atau persaingan dengan competitor dan sejuta ketakutan lain yang belum terjadi.

Pikiran pesimistis atau ketakutan yang tak mendasar akan membatasi ruang gerak kamu, sehingga sulit bagimu untuk berkembang.


5. Mengerjakan Semua Sendiri


Kadang kamu terlalu percaya diri dan merasa mampu mengerjakan usahamu sendirian. Padahal kamu membutuhkan mitra. Nah ini kesalahan lainnya yang bisa menyebabkan kegagalan dalam memulai usaha.

Padahal kerja sama dan keberadaan mitra akan membantu kamu, baik menjalankan usaha mau pun mendapatkan tambahan modal. Memiliki mitra kerja juga akan lebih meringankan pekerjaan sekaligus memaksimalkan pengembangan usaha.

6. Salah Rekrut Karyawan

Kesalahan fatal berikutnya adalah gagal dalam merekrut karyawan untuk diperkerjakan. Misalnya kamu ingin menekan budget dengan memperkerjakan karyawan yang digaji murah, maka kamu harus bersiap-siap untuk gagal dalam usahamu. Biasanya karyawan yang digaji murah tidak akan bekerja dengan sepenuh hati karena merasa gajinya toh kecil.

Lebih baik kamu memilih karyawan yang mampu memberi konstribusi besar dalam usaha kamu, yang memiliki keahlian, semangat bekerja keras serta visi dan misi yang sama untuk membantu mengembangkan usaha kamu.

Berita ini pertama kali dipublikasikan oleh:
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links