View Single Post
Old 8th October 2015, 10:20 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Hari Ini Jokowi Cek Perkembangan Pengeboran Terowongan MRT

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau lokasi pengeboran terowongan Mass Rapid Transit (MRT) yang berlokasi di Patung Pemuda Senayan, Jakarta, hari ini.

Peninjauan itu dilakukan untuk mengecek sejauh mana perkembangan penggalian dan konstruksi terowongan pada proyek MRT. Sebelumnya, pengoperasian perdana mesin bor bawah tanah dilakukan Jokowi, pada 21 September lalu.

Mesin bor Tunnel Boring Machine (TBM) pertama, yang diberi nama Anteraja, beroperasi dari titik Patung Senayan menuju arah utara di titik Setia Budi.

MRT Jakarta berbasis rel akan membentang sekitar 110,8 km. MRT terdiri atas Koridor Selatan–Utara (Koridor Lebak Bulus- Kampung Bandan) sepanjang 23,8 km dan Koridor Timur–Barat sepanjang 87 km.

Pembangunan koridor Selatan-Utara dari Lebak Bulus–Kampung Bandan dilakukan dalam dua tahap, yaitu Tahap I yang akan dibangun terlebih dulu adalah jalur Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 15,7 km dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah). Proyek ini ditargetkan rampung pada 2018.

Pembangunan Tahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8,1 km. Jalur ini akan dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi pada 2020. Studi kelayakan untuk tahap ini sudah selesai.

Sedangkan Koridor Timur-Barat saat ini sedang dalam tahap studi kelayakan. Koridor ini ditargetkan paling lambat beroperasi pada 2024–2027.












http://www.beritasatu.com/aktualitas...ongan-mrt.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links