View Single Post
Old 9th October 2015, 07:57 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Lima Cara Hemat Tebus Rumah Idamanmu

Quote:

MEMILIKI rumah menjadi idaman semua orang, termasuk kamu. Sayangnya, harga rumah yang terus bergerak naik membuat kamu kesulitan mewujudkan keinginan tersebut.

Apalagi di tengah merangkaknya sejumlah harga kebutuhan pokok tapi tidak diimbangi dengan bertambahnya penghasilan, bisa-bisa kamu jadi gagal membeli rumah idaman.

Tetapi jangan takut dulu karena kalau tidak membeli sekarang kapan pun kamu tidak akan memiliki rumah. Apalagi harga rumah setiap tahun akan selalu naik.

Banyak kok rumah yang ternyata bisa kamu beli dengan harga yang lumayan “miring” selama kamu tahu triknya. Beberapa trik bisa kamu dapatkan di bawah ini:

1. Beli di Daerah Pingiran

Harga rumah di pusat kota atau lokasi strategis sebaiknya kamu hindari karena harganya bisa dua kali lipat lebih mahal dibanding rumah di daerah pinggiran.

Daerah di pinggir kota, seperti Depok, Tangerang, Bogor dan Bekasi bisa menjadi lahan buruan rumah baru kamu.

Tapi yang harus diingat, meski lokasinya di pinggir dan jauh dari pusat kota, usahakan memilih lokasi rumah yang akses transportasinya mudah, seperti dekat dengan akses jalan tol, stasiun kereta atau terminal angkot. Selain itu, pastikan bahwa rumah kamu terletak di lokasi yang aman dan bukan wilayah rawan banjir.

2. Beli dari Over Credit

Kamu bisa mencari informasi mengenai rumah yang di-over credit pemiliknya lantaran si pemilik sedang butuh uang, tak mampu membayar cicilan atau akan pindah ke wilayah lain. Harga rumah tersebut bisa lebih murah dibanding kamu harus membayar cicilan dari awal.

Meski over credit, kamu harus memperhatikan kelengkapan surat-suratnya dan kondisi rumah tersebut. Jangan sampai rumah over credit tersebut malah membuat kamu buntung dari pada untung karena banyak yang harus direnovasi.

Baca juga: 5 Tips Jitu Dapatkan Ide Bisnis Startup yang Potensial!

3. Beli Ketika Launching atau Pameran

Manfaatkan kesempatan pameran properti yang biasanya rutin dilakukan pada momentum tertentu. Saat itu rumah sering ditawarkan dengan diskon atau promo tertentu, yang tentu saja sayang kalau kamu lewatkan.

Selain pameran, kamu juga bisa mencari informasi mengenai rumah yang baru saja diluncurkan atau di-launching, baik melalui brosur, majalah atau tabloid properti, televisi hingga internet. Rumah yang baru launcing umumnya lebih murah karena menawarkan promo atau diskon tertentu.

4. Beli Rumah Tua

Nah, ini dia alternatif yang bisa kamu pilih jika memiliki anggaran tak terlalu besar untuk membeli rumah. Rumah tua atau lama biasanya mematok harga jual yang lebih murah dibanding rumah baru.

Tapi kamu kudu cermat dan teliti membeli rumah tua. Perhatikan kondisi bangunan. Meski sudah tua, harus masih kokoh dan kuat, jangan yang mau roboh atau banyak cacat di mana-mana. Pastikan rumah tua yang bakal kamu beli itu masih layak huni dan worth it dengan harga yang ditawarkan.

Baca juga: 8 Perusahaan Asuransi Terbaik di Tahun 2015!

5. Beli Rumah Subsidi

Memang tidak semua orang bisa membeli rumah subsidi pemerintah, hanya orang dengan gaji tertentu yang boleh membeli rumah ini karena memang tujuannya membantu masyarakat dengan penghasilan kecil untuk bisa mendapatkan rumah sebagai tempat berlindung.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links