View Single Post
Old 10th October 2015, 12:16 AM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 5 May 2015
Userid: 3772
Posts: 37
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Cara Sederhana Menanam Cabe Rawit

Berikut ini adalah beberapa Cara Menanam Cabe yg bisa Anda terapkan agar hasil produksinya memiliki kualitas yg bagus.


Persiapan Lahan
Hal yg cukup penting dlm teknik budidaya cabe adalah mempersiapkan lahan. Dlm hal ini Anda harus menyediakan sebidang tanah yg sudah dibuat bedengan. Bedengan adalah lahan yg sudah dibentuk seperti gundukan memanjang sebagai tempat menanam cabe. Tanah harus sudah diolah, yaitu digemburkan, diberi air & pupuk agar tanah bisa menjadi tempat tumbuh yg baik. Setelah itu lapisi bedengan dgn plastik khusus yg kemudian dilubangi sebagai tempat menanam benih cabe. Jarak antara satu cabe dgn yg lain adalah sekitar 50-70 cm.

Persiapan Bibit
Selain persiapan lahan hal yg dipersiapkan dlm teknik budidaya cabe adalah memilih bibit yg bagus . Pilihlah bibit cabe yg berkualitas yg bisa Anda dapatkan pada penjual bibit-bibit tanaman yg sudah terpercaya.Bibit cabe juga bisa diperoleh dgn cara mengambil biji dari cabe itu sendiri. Letakkan biji cabe tersebut pada sebuah polybag yg sudah diisi campuran tanah & pupuk kandang (satu polybag berisi satu biji cabe). Siram dgn air sedikit saja agar tanah tetap basah & lembab.

Setelah sekitar 20-30 hari, bibit cabe akan muncul & siap dipindahkan ke bedengan yg sudah disipakan sebelumnya.

Penanaman Cabe
Salah satu teknik budidaya cabe meliputi cara penanamannya. Pilihlah bibit cabe yg sehat dgn ciri-ciri berbatang kuat & memiliki daun sebanyak kira-kira 6 helai. Lepas plastik polybag & pindahkan bibit tersebut pada bedengan saat matahari tdk terlalu terik (lebih baik pagi atau sore). Bila bibit cabe sudah dipindahkan dlm lahan yg lebih luas, segera beri pupuk & air secukupnya.

Perawatan Cabe
Perawatan meliputi penyiraman, pemupukan, & juga pengendalian hama serta penyakit. Perawatan tanaman cabe adalah salah satu hal yg sangat penting dlm budidaya buah ini. Penyiraman bisa dilakukan sekali dlm sehari untuk menjaga tanah tdk kering, sedangkan pemupukan dapat dilakukan sekali dlm seminggu. Untuk hama, Anda bisa menggunakan obat atau pestisida yg bisa dibeli di toko-toko kimia.

Panen
Jika tanaman cabe sudah berbuah & cukup masak, segera petik buah tersebut pada pagi hari. Buah cabe yg bagus untuk dipanen adalah buah yg tdk terlalu muda tapi juga tdk terlalu matang. Sesudah dipetik, segera simpan cabe-cabe tersebut di tempat yg kering & sejuk.
Likes:(1)
rekhas is offline   Reply With Quote
Sponsored Links