View Single Post
Old 10th October 2015, 09:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Enam Pantangan dalam Gunakan Kartu Kredit

Quote:

KARTU kredit bisa merupakan kartu sakti, kamu bisa membelanja tanpa membawa uang dan tinggal gesek.

Tetapi sebentar, kartu kredit itu juga kartu pembayaran, jadi bank penerbit kartu itu akan membayar apa pun yang kamu belanjakan untuk sementara. Berikutnya kamu harus membayar kembali uang yang sudah dikeluarkan oleh bank penerbit kartu kredit.

Berikut ada enam hal yang jangan kamu lakukan dengan kartu kreditmu.

1. Jangan Tidak Punya Rencana Keuangan

Penggunaan kartu kredit yang kebablasan atau telatnya membayar tagihan kartu biasanya dikarenakan tidak memiliki rencana atau perencanaan keuangan sejak awal.

Sisihkan sejumlah pendapatanmu untuk membayar tagihan kartu kredit, dan rencanakan apa-apa yang akan kamu beli dengan kartu kredit.

Biasanya penggunaan kartu kredit untuk membeli sesuatu dikarenakan ada diskon yang ditawarkan, sehingga kamu lebih untung.

2. Jangan Gunakan Hingga Lebihi limit

Jika tak mampu membeli barang atau menyewa jasa yang harganya fantatis, jangan memaksa untuk membelinya. Belilah barang karena benar-benar butuh, bukan karena mumpung ada promo atau diskon.

Sesuaikan kemampuan keuanganmu saat ingin membeli sesuatu. Jangan sampai melebihi batas limit (over limit) kartu kredit. Kalau itu terjadi kamu akan sulit melunasinya,

Ada baiknya cicilan utang kartu kreditmu tidak melebihi 30 persen dari pendapatan. Misalnya, gajimu Rp5 juta maka cicilan utang tidak melebihi Rp1,5 juta.

Baca juga: 8 Perusahaan Asuransi Terbaik di Tahun 2015!


3. Jangan Miliki Banyak Kartu Kredit


Jangan karena ingin terlihat keren, gaul atau gengsi, kamu memiliki banyak kartu kredit dari beberapa bank berbeda. Dikit-dikit gesek karena ingin dibilang keren.

Semakin banyak kamu memiliki kartu kredit maka semakin banyak bunga dan biaya yang harus kamu keluarkan, belum lagi jika kamu suka lupa tanggal jatuh tempo dari kartu-kartumu. Bisa-bisa kamu terkena denda.

4. Jangan Terlambat Membayar Tagihan

Membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo akan menghindari kamu dari bunga tinggi dan biaya keterlambatan. Semakin cepat kamu membayarnya maka akan semakin baik bagi kondisi keuanganmu dan pikiranmu.

Saat ini fasilitas pembayaran tagihan kartu kredit yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit beragam, baik dengan transfer, lewat teller, internet banking, gesek tunai atau langsung mendebet rekening tabungan kamu. Jadi, tidak ada alasan untuk terlambat membayar tagihan.

5. Jangan Tergantung dengan Kartu Kredit

Ketergantungan dengan kartu kredit memang kadang sulit untuk dihindari karena semua kemudahan dan promo yang ditawarkan.

Tapi kalau kamu tidak bisa menghilangkan ketergantungan itu, hati-hatilah potensi utang kartu kredit menumpuk.

Sudah terlanjur ketergantungan? Mulailah meninggalkan kartu kredit di rumah saat akan berpergian. Atau berhenti sejenak menggunakan kartu kredit setelah melunasi tagihan terakhir.

Puasa menggunakan kartu kredit sementara akan melatih kamu mengurangi ketagihan terhadap kartu kredit.

Baca juga: 5 Tips Jitu Dapatkan Ide Bisnis Startup yang Potensial!


6. Jangan Tarik Tunai


Hindari fasilitas tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit. Bunga tarik tunai dengan kartu kredit itu sangat tinggi yaitu sekitar 4 persen.

Jadi, ada baiknya kamu tidak memanfaatkan layanan tarik tunai dengan kartu kredit jika tidak benar-benar mendesak dan mendadak.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links