View Single Post
Old 13th October 2015, 08:31 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Alasan Bank Indonesia Layak Diaudit BPK

Quote:

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menjadi sorotan oleh beragam media pasca-mencuatnya wacana Komisi XI DPR yang ingin melakukan audit lembaga tersebut. Pasalnya, kinerja BI dianggap belum maksimal.

Direktur Development for Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati, juga memiliki pandangan serupa. Bahkan menurutnya kesalahan BI sudah terlihat sejak 2004.

"Menurut saya BI itu melakukan kesalahan fatal. Jadi ketika 2004 surplus neraca pembayaran, tapi Rupiah terus melemah waktu itu," tuturnya kepada Okezone, belum lama ini.

Enny memandang, seharusnya dana keuntungan yang diperoleh dari surplusnya neraca perdagangan digunakan untuk mengamankan posisi Rupiah. Nyatanya Rupiah melemah, namun cadangan devisa sewaktu itu meningkat.

"Ternyata ditarik untuk dana cadangan kan harusnya untuk penguatan Rupiah," imbuhnya.

Kendati begitu, Enny juga tidak sepakat dengan isu BI yang menyalahgunakan wewenangnya. Menurutnya BI memiliki hak prerogatif untuk mengambil kebijakan.

"Tidak bisa dibilang begitu. Yang jadi soal itu BI mempunyai amanat untuk menstabilkan nilai tukar. Itu tupoksi utamanya BI. Walaupun pelemahan Rupiah tanggung jawabnya moneter dan fiskal," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links