View Single Post
Old 14th October 2015, 09:31 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kartu Kredit Bukan Alat Utang, Tapi Alat Bayar!

Quote:
JAKARTA – Meningkatnya suatu kebutuhan hidup, terkadang membuat seseorang merasa terdesak untuk memilih cara pembayaran dengan berutang. Banyak perbankan yang menawarkan cara berutang dengan menggunakan kartu kredit (credit card/CC) dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun, tak sedikit para pengguna kartu kredit yang tidak mampu menggunakan kartu kredit secara bijak.

Perencana Keuangan Budi Frensidy mengatakan, bila pengguna kartu kredit tidak dapat mengendalikan diri dalam menggunakannya, maka dia harus segera menyadari bahwa kartu kredit itu bukan sebagai alat utang namun alat bayar.

“Kalau ke mall atau tempat belanja jangan dibawa, taruh di rumah. Kalau ke luar kota untuk keperluan harus menjamu tamu dan sebagainya, ya silakan boleh dibawa. Tidak selalu dibawa tiap kali waktu pergi,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Jakarta.

Dia menjelaskan, bila pengguna kartu kredit tidak ingin melakukan belanja, maka harus ingatkan diri sendiri atau lakukan self control terhadap apakah barang yang akan dibeli sesuai kebutuhan.

“Penting adanya self control dalam menggunakan kartu kredit,” imbuh dia.

Lanjut dia, bila pengguna kartu kredit tetap ingin berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, maka harga harus menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan atau dipertimbangkan.

“Siapa tahu di tempat lain ada yang lebih murah,” lanjutnya.

Masih kata Budi, pengguna kartu kredit juga harus mempertimbangkan hal apakah dalam membeli barang tersebut sesuai dengan kebutuhan yang saat ini atau dapat ditunda.

Hal terakhir, papar dia, bila seorang pengguna kartu kredit tersebut tidak mendapatkan lagi alternatif atau ketiga pertimbangan di atas, maka mau tidak mau harus membeli, lantaran ketiga hal di atas sudah tidak dapat dipertimbangkan lagi.

Namun demikian, yang terpenting adalah persiapkan diri untuk melunasi tagihan yang akan datang dalam jangka waktu dua hingga tiga minggu kedepan.

“Kalau harus dipenuhi, atau harganya enggak ada lebih baik lagi, diskon atau promosi, jadi intinya harus beli, ya silakan. Tapi ingat bahwa dalam 2-3 minggu tagihan datang harus dilunasi,” pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links