View Single Post
Old 14th October 2015, 03:31 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 30 Aug 2015
Userid: 4238
Location: Indonesia
Posts: 47
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default BISNIS INDONESIA MULAI MENGUAT, Ini Faktornya..!

BISNIS INDONESIA MULAI MENGUAT, Ini Faktornya..! penting diketahui oleh pelaku bisnis saham dan semua kalangan masyarakat umum. Harga mata uang USD terhadap IDR yang mengalami perubahan signifikan akhir-akhir ini pasti akan memiliki efek domino stabilitas ekonomi nasional yang bergerak tak tentu arah. Saat nilai mata uang Indonesia menguat, seharusnya kondisi finansial masyarakat merasakan dampak perbaikan kehidupan yang lebih sehat. Begitupun sebaliknya, saat harga dollar yang meroket tajam akan membuat daya beli dalam negeri menjadi rendah, harga kebutuhan bahan pokok naik, dan berbagai efek buruk lainnya.

.


.
Apakah penyebab naik-turunnya kurs dollar terhadap IDR? Ada beberapa teori spekulasi yang membahas tentang pergerakan nilai mata uang Amerika terhadap rupiah. Namun, beberapa konsep umum yang lazim diterima di antaranya adalah:
1. Perbandingan kenaikan harga ekspor dan impor. Grafik fluktuasi harga ekspor seharusnya lebih bagus daripada kenaikan harga ekspor agar nilai mata uang memiliki daya tawar yang tinggi.
2. Kebijakan tingkat suku bunga. Hal ini merupakan otoritas bank sentral atau BI untuk membuat manuver paket penawaran suku bunga dalam menjaring investor.
3. Tingginya tingkat inflasi akan membuat harga mata uang rupiah kembali anjlok.
4. Perbandingan neraca perdagangan 2 negara yang terlibat dalam aktivitas jual-beli menyebabkan negara yang mengekspor lebih banyak produk akan memiliki daya tawar lebih baik.
5. Kemampuan pembayaran hutang publik yang menjadi sumber pembiayaan proyek pemerintah sebaiknya dijaga dalam batas kewajaran agar tidak menimbulkan defisit anggaran. Ujungnya, kurs dollar akan kembali menguat.
6. Stabilitas politik dan ekonomi sangat penting dalam menjaga kepercayaan para calon penanam modal asing karena setiap investor tidak akan mau menimbun modal di negara yang hiruk pikuk dan penuh kegaduhan. Masih belum berhenti bertengkar, hei engkau orang Indonesia?

.
Melihat berbagai penyebab di atas, sudah seharusnya semua elemen masyarakat ikut andil dalam bekerjasama menjaga nilai tukar rupiah tetap di atas dollar Amerika. Anda bisa berbuat yang terbaik bagi negeri ini dalam beberapa hal kecil sejauh otoritas anda. Seringkali lakukan pemeriksaan pada KURS DOLLAR TERHADAP RUPIAH untuk melakukan berbagai langkah lanjutan yang bermanfaat bagi kepentingan bersama. Misalnya beberapa strategi sederhana berikut:
+ Pemain trading forex tidak melakukan langkah yang terlalu spekulatif dalam menimbun valuta asing.
+ Pelaku bisnis online sebaiknya juga lebih mengutamakan untuk menerima pembayaran rupiah dari konsumen di internet.
+ Pemilik usaha kecil dan menengah berusaha meningkatkan kualitas produk yang berdaya saing tinggi.

.
Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, sesama mantan aktivis ataupun mahasiswa bisa terus melakukan fungsi kontrol agar kebijakan ekonomi pemerintah selalu berpihak pada rakyat kecil dan berorientasi hasil pada nilai rupiah yang terus menguat. Sebaiknya gerakan mahasiswa dalam lingkup kepentingan nasional ini mutlak dilakukan dengan cara-cara anti kekerasan dan pengrusakan agar tidak meyalahi poin keenam yang sudah disebutkan di atas. Karena endingnya, kurs dollar terhadap rupiah akan meroket kembali.

.
Nah, sudah bisa memeriksa nilai mata uang kita hari ini dan menganalisa berbagai indikator penyebabnya? Mari 'berdebat sehat' merangsang kemampuan insting ekonomi bisnis kita pada komentar, kawan..
bimasena25 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links