View Single Post
Old 15th October 2015, 08:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kiat Sukses Mengambil Sebuah Keputusan meski Sulit

Quote:
JAKARTA - Banyak orang yang mengartikan hidup merupakan sebuah pilihan. Pemikirkan tersebut agaknya tepat, pasalnya setiap hari kita selalu dihadapkan banyak pilihan. Mulai pilihan untuk hal yang sepele hingga dihadapkan untuk mengambil keputusan sulit yang berdampak besar.


Hasil sebuah penelitian dari Columbia University menemukan, bahwa rata-rata kita dihadapkan pada 70 keputusan dalam satu hari. Misalnya, memutuskan menu makan hari ini, memilih rute untuk berangkat kerja, hingga keputusan-keputusan sulit seperti memilih dua tawaran lowongan pekerjaan, atau pindah ke kota lain demi orang yang kita cintai.

Berikut tips dan trik untuk agar mudah dalam mengambil keputusan yang tepat, seperti dilansir dari Forbes, Kamis (15/10/2015).

1. Jadikan Keputusan Kecil Menjadi Sebuah Rutinitas

Banyaknya keputusan yang harus diambil dengan sebuah siasat. Terlebih untuk keputusan-keputusan kecil. Banyak dari tokoh penting dan terkenal menjadikan keputusan kecil seperti pakaian apa yang harus dipakai dan dibuat menjadi sebuah rutinitas.

Seperti Steve Jobs yang terlihat selalu mengenakan long sleeve turtleneck berwarna hitam dan Mark Zuckerberg yang selalu mengenakan dons a hoodie. Namun berbeda, dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Menurutnya, setiap hari dirinya selalu dihadapkan banyak keputusan yang jauh lebih penting ketimbang hanya untuk memutuskan tentang pakaian apa yang harus dipakai dan makanan apa yang harus dimakan.

2. Perhatikan Emosi dalam Mengambil Keputusan

Ada sebuah pepatah lama yang mengatakan 'Jangan membuat keputusan berdasarkan emosi sesaat’. Kalimat tersebut agaknya benar, pasalnya banyak dari orang-orang sukses yang mampu mengenali dan mengendalikan emosi mereka, sehingga mereka mampu mengambil keputusan dengan objektif dan serasional mungkin.

Sebaliknya, ketika mengambil keputusan yang penting dalam kondisi suasana hati yang buruk, keputusan yang diambil hanya berdasarkan emosi semata. Hasilnya akan terjebak dalam keputusan salah yang akan terus disesali.

3. Mengevaluasi Keputusan Secara Objektif

Bagi orang-orang sukses, ketika telah memilih sebuah keputusan, tidak lantas keputusan tersebut diambil. Biasanya mereka mengevaluasi keputusan itu terlebih dahulu dengan beragam pertanyaan. Seperti, bagaimana keputusan ini bisa memberikan keuntungan untuk saya? Apa kerugian yang bisa menimpa saya dari keputusan ini? Apa saja manfaat dari keputusan ini? Akankah saya akan menyesali keputusan ini?

4. Jangan Mengambil Keputusan Penting Terlalu Cepat

Terkadang untuk beberapa keputusan penting ada baiknya kita tidak terlalu terburu-buru untuk memutuskannya. Ketika kita menyisihkan waktu untuk fokus mempertimbangkan keputusan penting, terkadang kita bisa mengekspos aspek penting dalam keputusan tersebut yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Banyak orang sukses yang pentingnya mengumpulkan informasi terlebih dahulu untuk menganalisis keputusan yang akan diambil. Terkadang mereka membawa tidur pilihan keputusan tersebut, dengan harapan setelah bangun di hari berikutnya pikiran mereka lebih jernih untuk memilih sebuah pilihan yang sulit.

5. Belajar dari Keputusan Sebelumnya

Terkadang keputusan yang tepat berasal dari pembelajaran pengalaman sebelumnya. Tapi pengalaman juga terkadang muncul akibat pengambilan keputusan yang salah. Hal tersebut bukan berarti untuk mengambil keputusan besar harus membuat kesalahahan yang banyak. Namun kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah kita buat dalam mengambil keputusan. Hal tersebut agar kesalahan serupa tidak akan muncul di kemudian hari.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links