View Single Post
Old 16th October 2015, 09:12 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Transfer Pricing Rugikan Indonesia, Besarkan Singapura

Quote:
JAKARTA - Permasalahan yang bersifat struktural mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak maksimal. Salah satunya adalah transfer pricing yang menyebabkan hilangnya potensi penerimaan pajak.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) saat berdialog dengan tim redaksi Kompas Gramedia Group di Jakarta, Kamis (15/10/2015). “Tax ratio Indonesia baru sekitar 12 persen. Jauh dari negara-negara lain yang sampai 15 persen,” ujarnya.

Sebagai informasi, Transfer pricing adalah kebijakan perusahaan dalam menentukan nilai transaksi berupa barang, jasa, harta tak berwujud, atau transaksi finansial. Dalam transfer pricing kerap terjadi transaksi dengan nilai tidak wajar. Bisa menaikkan atau menurunkan harga dalam transaksi.

Dalam transaksi ekspor, hal tidak wajar yang sering terjadi adalah menurunkan nilai penjualan. Tujuannya agar keuntungan tampak tipis, sehingga bisa mengurangi pajak. Transaksi transfer pricing tidak wajar dilakukan dengan cara mengirimkan produk dari perusahaan di Indonesia ke perusahaan yang sama di luar negeri. Baru kemudian dikirimkan ke negara tujuan.

“Perusahaan di Indonesia ekspor produk ke Amerika senilai USD100. Tapi barang tersebut diekspor dulu ke perusahaan yang juga miliknya di Singapura senilai USD60, baru kemudian dari Singapura diekspor ke Amerika dengan harga USD100, sehingga USD40 berada di Singapura. Jadi itulah kenapa dolar kita banyak tersimpan di sana. Singapura besar karena Indonesia,” ungkap HT.

Seperti diberitakan di berbagai media, diperkirakan potensi kehilangan akibat transfer pricing lebih dari Rp1.000 triliun per tahun. Selain dolar terparkir di negara lain, praktek tersebut membuat cadangan devisa Indonesia sedikit. Untuk diketahui cadangan devisa Indonesia per akhir September hanya USD101,72 miliar.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links