View Single Post
Old 17th October 2015, 04:34 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pemerintah Ngebut Perbaiki Kanal Antisipasi Kebakaran Hutan

Metrotvnews.com, Solo: Metrenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, mengatakan perbaikan kanal sebagai upaya pemadaman lahan gambut tengah diupayakan pemerintah bersama dengan stakeholder lainnya.

Hingga saat ini, kata Siti, pihaknya telah melakukan beberapa kali diskusi untuk mempersiapkan pedoman teknis dari ahli dan mengombinasikan dengan struktur kelembagaan pemerintah. Pedoman tersebut berisi bagaimana tata air, water level dan aturan teknis lainnya.

“Kita telah tiga hingga empat kali menggelar diskusi mengenai ini. Sebab saat berada di lapangan, sepanjang mata memandang adalah gambut dan asap dan kita tahu di dalamnya adalah rongga-rongga serta bara api. Maka tidak ada pilihan lain kecuali harus dibasahi dengan kanal-kanal. Setelah dicek itu ada kanal lamanya itu harus dibuka supaya airnya masuk dari sungai,” kata Siti usai menghadiri acara Jambore Sepeda Lipat Nasional dan pengukuhan anak peduli lingkungan di Solo, Sabtu (17/10/2015).

Jika tidak segera dilakukan maka asap akan sukar hilang jika hanya mengandalkan penyiraman air dari permukaan. Setelah kanalisasi selesai, pemerintah, kata Siti, juga akan melakukan memantau terus supaya air tidak kembali keluar ke sungai. Proses kanalisasi ini tengah berjalan. Siti juga mengatakan tidak bisa menunggu hingga Januari, pasalnya pada Februari dan Maret sudah kembali memasuki musim panas.

“Untuk itu tidak mungkin hanya pemerintah saja. Pemerintah butuh tenaga keahlian, akademisi, LSM, aktivis, litbang pemerintah di lokasi tersebut,” pungkas dia. Kanalisasi ini menindaklanjuti perintah Jokowi untuk membuat kanal di tengah lahan gambut sebagai upaya pemadaman kebakaran lahan gambut.














http://jateng.metrotvnews.com/read/2...ebakaran-hutan
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links